Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Randy de Puniet ”Dibuang” Suzuki ke Superbike

Kompas.com - 15/10/2014, 10:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

London, KompasOtomotif – Tim Crescent Suzuki mengumumkan line up pebalap untuk bertarung di FIM Superbike World Championship (WSBK) 2015. Mereka adalah Alex Lowes yang saat ini masih menyelesaikan musim balap 2014 bersama Eugene Laverty, dan satu lagi Randy de Puniet.

Nama terakhir tentu sangat familiar untuk penggemar Suzuki, terutama akhir-akhir ini. Dialah test rider yang memegang peran kunci dalam mengembangkan GSX-RR yang akan digunakan tim Suzuki di MotoGP mulai musim 2015.

Kesan yang timbul, de Puniet ”dibuang” Suzuki setelah membantu pengembangan. Pebalap yang dipilih untuk mengawal tim MotoGP musim depan justru punggawa-punggawa muda seperti Aleix Espargaro yang saat ini mempimpin pebalap kelas open, dan Maverick Vinales yang sedang bersinar di Moto2.

Buat pebalap, bergabung di WSBK adalah pilihan terakhir. Sama seperti ketika beberapa nama tenar lain yang tergeser ke ajang ini seperti Marco Melandri, Toni Elias, sampai Max Biaggi. Meski de Puniet bergabung di salah satu tim Suzuki, tetap saja WSBK tidak setenar MotoGP.

Insting balap
Insting pebalap tetaplah berkompetisi, bukan mengetes. Itulah sebabnya, RdP, sapaan Randy de Puniet tetap antusias ketika ditarik ke WSBK. ”Saya senang bergabung dengan tim ini untuk WSBK, karena target saya adalah kembali ke kompetisi pada 2015. Mengetes dalam setahun kemarin sebenarnya oke, tapi yang saya inginkan sesungguhnya adalah balapan!” kata RdP dikutip Motorcycle (15/10/2014).

Dirinya juga mengatakan bahwa balapan, bertarung, dan podium adalah segala-galanya. Prioritas utama adalah tetap bersama Suzuki, karena RdP menganggap produsen ini sebagai keluarga besar.

Pebalap Perancis yang memang sudah berusia "senja", 33 tahun, ini sudah balapan di MotoGP 139 kali, memenangi GP 250cc lima kali. Selama 2014, dia menjadi instrumen penting untuk Suzuki comeback ke MotoGP dengan mengembangkan GSX-RR.

Selain membalap bersama Crescent Suzuki, RdP masih akan menjadi test rider motor-motor Suzuki di ajang balap, terutama untuk memadukan performa sepeda motor dan ban baru Michelin untuk musim 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com