Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki GSX-RR di MotoGP Cukup Menjanjikan

Kompas.com - 14/10/2014, 16:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Motegi, KompasOtommotif – Penantian penggemar MotoGP menyaksikan balapan yang tak didominasi segelintir pabrikan sudah di depan mata. Suzuki dan Aprilia sudah menyatakan kesiapannya terjun di musim 2015. Artinya, Honda, Yamaha, dan Ducati, bakal punya pesaing baru. Tampak menjanjikan, terutama optimisme yang dibawa Suzuki belakangan ini.

Setelah diluncurkan resmi pada Intermot, sepeda motor GSX-RR yang akan ditunggangi Aleix Espargaro dam Maverick Vinales itu unjuk gigi di Motegi, GP Jepang, akhir pekan lalu.

Dua legenda balap Suzuki yakni Kevin Schwantz, Juara GP 400cc 1993 dan Franco Uncini, Juara Dunia 1982 didapuk menggeber sepeda motor dalam demonstrasi. Schwantz, yang bergabung sebagai salah satu tim pengembangan mengendarai GSX-RR, sementara Uncini pakai GSV-R yang digunakan terakhir pada MotoGP 2011.

Suzuki Racing Kevin Schwantz secara khusus menggeber GSX-RR di Motegi.

Positif
Lewat komentar mereka, kesan positif langsung terangkat. Schwantz mengatakan bahwa sepeda motor ini adalah kendaraan yang sangat luar biasa. Pebalap bisa menikmati setiap entakkannya. ”Saya sempat melakukan start dengan hati-hati karena untuk memanaskan ban. Tapi segera sepeda motor mulai stabil dan digeber, saya bisa memahami karakter mesin ini,” terangnya.

Kesan baik itu masih ditambah dengan komentar test rider tim Suzuki Randy de Puniet, yang beberapa waktu lalu mengatakan bahwa sepeda motor mengalami kemajuan pesat. Catatan waktu yang dicapai dalam uji coba bahkan beda tipis dengan tim-tim pabrikan mapan.

Tim Suzuki MotoGP akan mendapatkan kesempatan tampil (wild card) pada GP Valencia, 9 November mendatang. Meski masih dipakai untuk uji coba, rasanya tak sabar menantikan aksi tim ini, terutama memperhatikan keganasan mesin yang dikatakan cukup buas itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com