Mercedes Luncurkan Truk Tanpa Pengemudi

Kompas.com - 29/09/2014, 12:28 WIB
Mercedes Future Truck 2025 Concept LeftlanenewsMercedes Future Truck 2025 Concept
|
EditorAris F. Harvenda
Hannover, KompasOtomotif - Sejauh ini teknologi kendaraan tanpa pengemudi (otonomos) masih sebatas pada mobil penumpang yang berukuran kecil. Tapi, Mercedes-Benz sudah selangkah di depan dengan mengenalkan Future Truck 2025 Concept.

Konsep tersebut sudah mengusung teknologi otonomos. Pabrikan asal Jerman ini mengklaim bahwa teknologi masa depan juga bisa disematkan pada kendaraan komersial seperti truk atau bus sebagai transportasi publik.

Future Truck 2025 Concept dipamerkan pada IAA Commercial Vehicles di Hannover, Jerman, yang digelar pada 25 September sampai 2 Oktober 2014. Sebelumnya pada Juli lalu, Mercedes sempat menguji truk otonomos ini meski dengan selubung.

Desain wajah mengesankan kendaraan masa depan dengan penggunaan LED besar pada gril dan bemper. Secara keseluruhan bodi depan futuristik yang mengambil desain seperti i-Phone.

Interior juga tampil mencolok dengan aksen kayu pada beberapa bagian, di atas permukaan organik pada kabin. Ruang interior dibuat nyaman dibandingkan truk yang ada saat ini. Awak kabin memang akan dibuat nyaman di dalamnya, karena tidak perlu lagi memperhatikan kondisi jalan.

Ketika sistem Highway Pilot diaktifkan, kursi pengemudi akan berputar 45 derajat menjauh dari kemudi. Tapi, supir masih bisa melakukan kontrol penuh bila dibutuhkan. Tersedia juga tablet berukuran besar sebagai kontrol utama, ini mirip dengan layar konsol tengah pada mobil listrik Tesla Model S.

Sebagian besar sistem terdiri dari teknologi yang sudah ada saat ini, termasuk cruise control, monitor blind spot dan teknologi jalur berkendara. Sistem lain menggunakan peta topografi untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar. Namun untuk mengubah jalur dan menyusul masih membutuhkan campur tangan pengemudi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.