Mobil Murah Malaysia Pakai "Jeroan" dari Indonesia

Kompas.com - 11/08/2014, 18:15 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Perodua sudah mulai menggoda konsumen di Malaysia dengan menampilkan gambar versi produksi laman Facebook. Tapi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen Ayla memastikan kalau mobil kompak yang diproduksi di Malaysia berbeda.

"Memang tampilannya mirip, tapi perbedaannya banyak, beda sekali dari Ayla yang diproduksi di sini (Indonesia)," jelas Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM kepada KompasOtomotif, Senin (11/8/2014).

Artinya, platform dan jeroan mesin dipastikan akan dipasok dari Indonesia. "Memang mereka mengambil beberapa komponen mesin dari Indonesia, karena sudah dilokalisasi di sini (Indonesia)," lanjut Sudirman.

Sudirman menjelaskan, Perodua memproduksi sendiri panel bodi mobil kompak sesuai program yang bergulir di Malaysia, yakni Kendaraan Efisien Energi (EEV). Rencana ini sudah disiapkan Perodua sejak proyek Ayla pertama dicetuskan.

Sebelumnya, Perodua juga sudah merakit ulang Sirion dengan nama Myvi, konsepnya serupa dengan yang dilakukan Axia dan Ayla.

Dari bocoran yang ada, mobil murah Malaysia terlihat menggunakan emblem bertuliskan "Axia" untuk model baru. Sudirman melanjutkan, Perodua menyiapkan model baru untuk menggantikan posisi Viva yang selama ini mengisi segmen di bawah Myvi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.