Kompas.com - 11/08/2014, 16:18 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Setelah bocoran foto di internet pekan lalu, Perodua akhirnya melansir foto resmi model terbaru, Axia. Mobil kompak ini terlihat tanpa aling-aling di laman resmi Facebook perusahaan, dengan keterangan "Our future cars reduce fuel consumption and emissions without compromizing driving performance."

Kalau diartikan secara harafiah, "Mobil masa depan kami, mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi tanpa ada kompromi dari kenikmatan berkendara."

Pada laman situs jejaring sosial itu, Perodua menampilkan Axia berkelir merah seperti tengah di area inspeksi final dalam rangkaian perakitan mobil. Lampu belakang menggunakan mika bening, bemper dan spoiler belakang terlihat sporty.

Jika mengacu bocoran foto sebelumnya, sepertinya Axia ini merupakan varian teratas SE atau lebih tinggi lagi. Di bagian belakang belum ada emblem yang menempel, menunjukkan indentitas utama kendaraan.

Platform
Dilansir Paultan.org (11/8/2014), Perodua memproduksi model terbaru menggunakan platform lisensi dari Daihatsu, tetapi dengan bodi sendiri. Begitu pula dengan Ayla yang menggunakan platform Mira e:S.

Soal jantung pacu, Perodua juga menggunakan 1KR yang dibuat berdasarkan mesin 1KR-FE, 3-silinder, 988cc, 12-Valve, DOHC, berbahan dasar aluminium. Mesin ini menghasilkan tenaga 66 PS pada 5.000 rpm dan torsi 87 Nm pada 3.600 rpm. Bobot mesin ini hanya 69 kg, 10 kg lebih ringan dari mesin Viva yang juga berkapasitas 1.0 liter.

Pada Ayla, mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 5-percepatan manual atau otomatis 4-percepatan. Perodua mengklaim model baru ini punya konsumsi bahan bakar 20-22 kpl, sesuai ketentuan program Kendaraan Efisien Energi (EEV) yang digulirkan pemerintah Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.