Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mobil Murah" Malaysia Mulai Menampakkan Diri

Kompas.com - 11/08/2014, 16:18 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Setelah bocoran foto di internet pekan lalu, Perodua akhirnya melansir foto resmi model terbaru, Axia. Mobil kompak ini terlihat tanpa aling-aling di laman resmi Facebook perusahaan, dengan keterangan "Our future cars reduce fuel consumption and emissions without compromizing driving performance."

Kalau diartikan secara harafiah, "Mobil masa depan kami, mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi tanpa ada kompromi dari kenikmatan berkendara."

Pada laman situs jejaring sosial itu, Perodua menampilkan Axia berkelir merah seperti tengah di area inspeksi final dalam rangkaian perakitan mobil. Lampu belakang menggunakan mika bening, bemper dan spoiler belakang terlihat sporty.

Jika mengacu bocoran foto sebelumnya, sepertinya Axia ini merupakan varian teratas SE atau lebih tinggi lagi. Di bagian belakang belum ada emblem yang menempel, menunjukkan indentitas utama kendaraan.

Platform
Dilansir Paultan.org (11/8/2014), Perodua memproduksi model terbaru menggunakan platform lisensi dari Daihatsu, tetapi dengan bodi sendiri. Begitu pula dengan Ayla yang menggunakan platform Mira e:S.

Soal jantung pacu, Perodua juga menggunakan 1KR yang dibuat berdasarkan mesin 1KR-FE, 3-silinder, 988cc, 12-Valve, DOHC, berbahan dasar aluminium. Mesin ini menghasilkan tenaga 66 PS pada 5.000 rpm dan torsi 87 Nm pada 3.600 rpm. Bobot mesin ini hanya 69 kg, 10 kg lebih ringan dari mesin Viva yang juga berkapasitas 1.0 liter.

Pada Ayla, mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 5-percepatan manual atau otomatis 4-percepatan. Perodua mengklaim model baru ini punya konsumsi bahan bakar 20-22 kpl, sesuai ketentuan program Kendaraan Efisien Energi (EEV) yang digulirkan pemerintah Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com