Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hot Wheels Darth Vader, dari Mainan Jadi Nyata

Kompas.com - 25/07/2014, 17:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

San Diego, KompasOtomotif - Penggemar Star Wars pasti kagum dengar kabar ini. Perusahaan AS pembuat mainan Hot Wheels, Mattel, melakukan hal yang tidak biasa, mereka “membalik” skala 1:64 mainan mobil die-cast yang terinspirasi dari helm Darth Vader menjadi kenyataan.

Wujudnya merupakan modifikasi dari Chevrolet C5 Corvette. Dalam kap mesin terbenam mesin V8, 6.2L, bertenaga 532 PS untuk menggerakkan kedua ban belakang. Sebagian konstruksi dibangun menggunakan material serat karbon, sisanya dikerjakan custom hingga lis merah pada keempat ban.

The Motor Report Mainan die-cast Darth Vader.

Desain dibuat sama persis dengan versi die-cast, warna dominan kombinasi hitam dan abu-abu. "Kendaraan resmi” Darth Vader ini telah diuji hingga 128 kpj, namun disebutkan kecepatan maksimal bisa tembus 240 kpj. Informasi yang juga menarik, seluruh pengerjaan dilakukan hanya tujuh pekan.

Mattel menjelaskan, kreasi terbaru merupakan kolaborasi Hot Wheels dan Star Wars. Tujuannya sebagai “pemanasan” sebelum memasuki babak baru kerja sama keduanya menghasilkan mainan baru.

Tidak hanya Darth Vader, kemungkinan besar nantinya akan ada mobil modifikasi yang terinspirasi dari tokoh Star Wars lainnya, seperti Luke Skywalker, Obi One Kenobi, atau bahkan R2D2.

Mobil ini pertama kali muncul di hadapan publik lewat konvensi ragam hiburan, San Diego Comic-Con 2014. Versi 1:64 dijual dengan harga 40 dollar AS atau sekitar Rp 464.000. Tapi sepertinya unit “besar” mobil Darth Vader belum untuk dijual ataupun dilelang.

Video

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com