Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muscle Car ala Mainan Jada Toys

Kompas.com - 29/03/2010, 16:46 WIB

KOMPAS.com — Mobil mainan atau die cast dari Jada Toys telah memberi pengaruh bagi modifikator di Indonesia. Yang diambil mulai dari aplikasi velg gambot krom, bodi yang ceper habis, sampai tampilan bodi dengan varian warna sangat beragam.

Seperti diperlihatkan Mr I yang mendapatkan Mercury Cougar produksi 1969 dalam kondisi utuh kemudian mengubahnya menjadi sosok pony car yang berkesan muscle car ala mainan Jada Toys (JT). Serangkaian modifikasi yang dilakukan pun termasuk efektif, meski harus merelakan beberapa sektor bodi yang kemudian dibentuk ulang.

Ini diakui oleh Mr I bahwa ubahan paling banyak memang di bodi. Hal ini dilakukan untuk membuatnya tampil sporty. Yang paling utama adalah memotong wheel arc fender depan yang kemudian dibuat lebih tinggi. Bagian tersebut kemudian dibuat nut. "Aslinya wheel arc gondrong dan polos, jadi kurang menarik," ucap Iwan yang mengurus bodi.

Ubahan lain dilakukan di sektor bemper. Peranti dengan tampilan krom depan dan belakang bawaan pabrik dipensiunkan dan diganti dengan bemper bikinan sendiri dan lebih sporty. Selain itu, sudut apron lampu depan dibuat lebih lancip. Pada buritan belakang turut disematkan ducktail custom.

Setelah dirasa sporty, barulah sekujur bodi diguyur konsep warna centil ala mainan, hitam super deep black dan laburan candy oranye. Sebagai pemanis, bagian samping dan kap bagasi diberikan aksen shadow flame.

Tampilan bodi yang "berotot" tentu harus diimbangi dengan mesin. Karena untuk dipakai jalan-jalan saat Sabtu-Minggu, "Mesinnya di-overhaul semua biar sehat. Lalu, kapasitas mesin diperbesar dengan bore up 100 mm tiap silinder," sebut Hendra yang mengurusi dapur pacu.

Tak cuma itu. Mesin juga melalui proses porting polish dan penggantian kem. Langkah berikutnya adalah memasang supercharger. Begitulah cerita Mr I. Meski tenaga mesin belum diketahui pasti, Hendra memperkirakan hasilnya sekitar 400 dk dengan suara khas gelegar 8 silinder. (Angga, Rendy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com