Chrysler Indonesia Siapkan Model Ramah Lingkungan

Kompas.com - 08/07/2014, 15:25 WIB
Fiat Panda, menjadi salah satu kandidat Chrysler Indonesia untuk mendapat diskon pajak LCE. automobilereviewFiat Panda, menjadi salah satu kandidat Chrysler Indonesia untuk mendapat diskon pajak LCE.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – PT Garansindo Inter Global atau disebut Chrysler Indonesia menyiapkan beberapa produk yang dijagokan untuk mengikuti program pemerintah terkait mobil rendah emisi (LCE : Low Carbon Emission). Meski peraturan belum bergulir, pemegang merek Chrysler, Fiat, Jeep, dan Dodge itu sudah punya ”senjata simpanan” untuk lolos program dan mendapat diskon pajak.

Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer Chrysler Indonesia menyatakan bahwa program LCE adalah kesempatan untuk menjadikan produk-produk yang dipasarkan semakin kompetitif. ”Saya rasa ini peluang yang bagus. Banyak produk kami yang memenuhi standar emisi rendah, seperti Anda ketahui, produk-produk Eropa sangat ketat soal emisi,” ujarnya, (7/7/2014) di Jakarta.

Model apa yang disiapkan? Rieva enggan menyebut detail. Hanya, digambarkan bahwa Punto yang baru saja dirilis sudah bisa ikut program LCE. Beberapa model lain seperti Panda juga dijagokan menjadi salah satu model yang akan dijual lebih ”murah” dan semakin kompetitif.

Peraturan
Di sisi lain, Muhammad Al Abdullah, Chief Marketing Officer Chrysler Indonesia mengatakan, saat ini pihaknya masih menanti kejelasan aturan yang rencananya bergulir tahun ini. ”Kita lihat dulu bagaimana kelanjutannya dari pemerintah. Memang saat ini Fiat Panda dijagokan sebagai kandidat LCE. Pemerintah bicara apa kami akan mengikuti. Yang penting dijadiin dulu peraturannya,” cetus Al.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah, khususnya kendaraan bermotor mewah, LCE menawarkan insentif berupa potongan PPnBM.

Potongan yang ditawarkan 25 persen dari PPnBM jika kendaraan yang dirakit Indonesia (CKD), dengan konsumsi bahan bakar 20 kpl dan 50 persen untuk 28 kpl. Sementara insentif diberikan kepada kendaraan yang berbahan bakar gas (CNG), hibrida, atau listrik.

Andai peraturan sudah dibuat, dan produsen wajib merakit lokal untuk mendapatkan diskon pajak LCE, artinya Chrysler Indonesia harus segera merealisasikan rencana pembangunan pabrik perakitan yang sudah sejak dua tahun lalu diwacanakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.