Sepeda Motor Listrik Harley-Davidson "Bumbu" Detroit

Kompas.com - 30/06/2014, 17:17 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Milwaukee, KompasOtomotif - Keputusan Harley-Davidson (HD) mengembangkan sepeda motor listrik, konsep Livewire, membawa pabrikan moge asal Amerika Serikat itu ke level yang berbeda. Melahirkan tunggangan tanpa suara membelokkan kebiasaan selama seabad melahirkan layout mesin V-Twin.

Automotive News, Senin (30/6/2014), mengungkapkan, ternyata di belakang pergerakan HD mengusung penerapan teknologi lebih canggih bertabur "bumbu" dari pabrikan asal Detroit, General Motors (GM).

Dialah Jim Federico, orang yang meyakini Livewire bisa menuju model produksi. Ia telah 36 tahun mengabdi dan telah mengerjakan banyak pekerjaan top di GM. Di antaranya, sebagai kepala insinyur mobil kompak dan listrik pada range-extended Chevrolet Volt hybrid dan Spark EV.

Federico akan mengawasi dan mengevaluasi rekayasa sekaligus pengembangan HD. Sebagai tahap awal, rencananya 30 unit Livewire akan dibawa test ride oleh konsumen sambil mengunjungi 30 HD untuk proses pengenalan sekaligus survei. Kendati keputusan produksi belum diresmikan, pejabat HD menganggap serius arah baru ini.

Federico (56) juga merupakan anggota dari tim insinyur GM yang menganalisa dampak kerusakan tombol starter pada 2012, setahun sebelum GM me-recall 2,6 juta kendaraan akibat masalah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.