Kompas.com - 23/06/2014, 17:30 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Harley-Davidson Tampang dan performanya akan disurvei lebih dulu untuk mendapatkan sepeda motor yang diinginkan konsumen.

Milwaukee, KompasOtomotif – Mengikuti perkembangan teknologi dan tuntutan akan kendaraan ramah lingkungan, Harley-Davidson berkonsentrasi mengembangkan sepeda motor yang lepas dari ciri khas selama ini. Diluncurkanlah Livewire, sepeda motor listrik tanpa suara menggelegar yang bakal diproduksi jika sudah saatnya siap.

Satu unit sepeda motor ini akan digunakan dalam program Livewire Project, berupa tur mengunjungi 66 rute terkenal di Amerika Serikat. Kuda besi listrik itu akan dibawa keliling mengunjungi 30 outlet H-D sebagai bagian dari program pengenalan dan survei. Konsumen diberi kesempatan menjajal sepeda motor dan dimintai masukan.

”Konsumenlah yang membuat kami melangkah. Project Livewire adalah salah satu yang menarik dalam sejarah kami. Langkah serupa sudah berhasil kami lakukan dengan lahirnya Harley-Davidson Street 500 dan 700,” kata Matt Levatich, President and Chief Operating Officer Harley-Davidson Motor Company.

Artinya, Livewire belum tentu akan diproduksi. H-D masih membutuhkan suara konsumen tentang sepeda motor listrik seperti apa yang paling diinginkan. Atau bisa jadi, jika tidak diharapkan, H-D juga bisa membatalkan rencana produksi.

Harley-Davidson Tampang depan dan belakang, futuristik.

Tampang
Meski belum tentu diproduksi, sebenarnya si kuda besi listrik itu cukup mumpuni. Dalam spesifikasi awal yang dirilis, sumber tenaga menggunakan motor listrik 55 kW yang bisa mengeluarkan daya setara 175 PS. Baterai bisa bertahan sampai 161 km.

Soal desain, menganut gaya cruiser sporty yang tak lagi oldies. Desain itu ditopang sasis aluminium, dipadu suspensi monokok untuk bagian belakang, dan upside-down di bagian depan. Semua lampu menggunakan teknologi LED yang futuristik. Ini mencerminkan bidikan konsumen yang lebih muda, biker dengan usia 20-35 tahun.

Harga belum jelas, tapi ada yang menyebut tak akan melebihi 20 ribu dollar AS atau setara Rp 112 juta. Tentu, suara menggelegar dari mesin V-Twin yang terbuang lewat knalpot berlabur krom tak akan lagi ditemui. Dalam video, suara mendesing khas sepeda motor listrik akan dijadikan ikon baru.

Simak videonya, lihat detailnya, dan dengarkan desing merdunya!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.