Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Harley-Davidson Tanpa Suara [Video]

Kompas.com - 23/06/2014, 17:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Harley-Davidson Tampang dan performanya akan disurvei lebih dulu untuk mendapatkan sepeda motor yang diinginkan konsumen.

Milwaukee, KompasOtomotif – Mengikuti perkembangan teknologi dan tuntutan akan kendaraan ramah lingkungan, Harley-Davidson berkonsentrasi mengembangkan sepeda motor yang lepas dari ciri khas selama ini. Diluncurkanlah Livewire, sepeda motor listrik tanpa suara menggelegar yang bakal diproduksi jika sudah saatnya siap.

Satu unit sepeda motor ini akan digunakan dalam program Livewire Project, berupa tur mengunjungi 66 rute terkenal di Amerika Serikat. Kuda besi listrik itu akan dibawa keliling mengunjungi 30 outlet H-D sebagai bagian dari program pengenalan dan survei. Konsumen diberi kesempatan menjajal sepeda motor dan dimintai masukan.

”Konsumenlah yang membuat kami melangkah. Project Livewire adalah salah satu yang menarik dalam sejarah kami. Langkah serupa sudah berhasil kami lakukan dengan lahirnya Harley-Davidson Street 500 dan 700,” kata Matt Levatich, President and Chief Operating Officer Harley-Davidson Motor Company.

Artinya, Livewire belum tentu akan diproduksi. H-D masih membutuhkan suara konsumen tentang sepeda motor listrik seperti apa yang paling diinginkan. Atau bisa jadi, jika tidak diharapkan, H-D juga bisa membatalkan rencana produksi.

Harley-Davidson Tampang depan dan belakang, futuristik.

Tampang
Meski belum tentu diproduksi, sebenarnya si kuda besi listrik itu cukup mumpuni. Dalam spesifikasi awal yang dirilis, sumber tenaga menggunakan motor listrik 55 kW yang bisa mengeluarkan daya setara 175 PS. Baterai bisa bertahan sampai 161 km.

Soal desain, menganut gaya cruiser sporty yang tak lagi oldies. Desain itu ditopang sasis aluminium, dipadu suspensi monokok untuk bagian belakang, dan upside-down di bagian depan. Semua lampu menggunakan teknologi LED yang futuristik. Ini mencerminkan bidikan konsumen yang lebih muda, biker dengan usia 20-35 tahun.

Harga belum jelas, tapi ada yang menyebut tak akan melebihi 20 ribu dollar AS atau setara Rp 112 juta. Tentu, suara menggelegar dari mesin V-Twin yang terbuang lewat knalpot berlabur krom tak akan lagi ditemui. Dalam video, suara mendesing khas sepeda motor listrik akan dijadikan ikon baru.

Simak videonya, lihat detailnya, dan dengarkan desing merdunya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com