Kompas.com - 20/05/2014, 08:20 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif -- Pelan tetapi pasti, Mitsubishi Indonesia terus menyiapkan proyek terbarunya, kendaraan multiguna (multi purpose vehicle/MPV) untuk Indonesia. Ternyata, Mitsubishi Motor Corporation sudah menunjukkan sosok konsep model baru itu kepada kalangan internal PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Sumber internal KTB memastikan bahwa konsep sudah ditunjukkan dan menawarkan sesuatu yang berbeda dari model-model yang sudah dipasarkan di Indonesia. Disebut berbeda karena mengombinasikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki MPV sejuta umat yang sudah lebih dulu dipasarkan, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, dan Honda Mobilio.

Ketika KompasOtomotif menanyakan kepada salah satu eksekutif perusahaan juga tidak ada sanggahan. "Sebagai pendatang terakhir, sangat wajar kalau kami mau memberikan yang terbaik dari produk kami ini," jelas Kosei Tamaki, Executive General Manager of MMC Marketing Division KTB, di Ancol, Jakarta Utara, Senin (19/5/2014).

Informasi tambahan mengatakan, MPV sejuta umat Mitsubishi ini akan dibekali sistem gerak roda depan, sama seperti Ertiga dan Mobilio. Dijelaskan, saat ini keputusan akan diproduksinya MPV tersebut belum diputuskan oleh prinsipal.

"Saya tidak pernah berkata bohong, selain produk baru, proses ini juga menyangkut hitung-hitungan investasi yang harus dilakukan prinsipal. Saya ingin model ini ada di Indonesia, karena tanpanya sulit bisa bersaing di pasar dan memperbesar penjualan," beber Tamaki.

Kapan
Segmen low MPV, sampai saat ini masih menjadi ceruk pasar terbesar di Indonesia dengan komposisi pangsa sekitar 30-35 persen terhadap total penjualan. Honda menjadi merek terakhir yang baru masuk ke segmen ini dengan melepas Mobilio, akhir 2013 lalu. Hasilnya, penjualan Honda langsung naik.

Kalau model konsep sudah disiapkan, lantas kapan model baru ini baru bisa dipasarkan Mitsubishi Indonesia? "Perkiraan saya paling tidak 2017 baru bisa dipasarkan, karena prosesnya memang butuh waktu. Kalau ada perkembangan, pasti saya informasikan lagi," lanjut Tamaki.

Meski masih lama, jangan kaget kalau di Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2014 ini, KTB akan memajang konsep MPV barunya ini.

Kita nantikan bersama-sama!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.