Avanzanation Journey 2014 [Timur]

Eksplorasi Kekayaan Alam Provinsi Ke-32 bersama Avanza

Kompas.com - 18/02/2014, 20:11 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Gorontalo, KompasOtomotif - Perjalanan Avanzanation wilayah Timur di Sulawesi dimulai dari Utara. Setelah sebelumya telah melakukan aksi peduli untuk kawasan bencana banjir di Sario, Manado pada Minggu, (18/2/2014), tim menyambangi salah satu lokasi wisata “wajib”, Taman Nasional Bunaken.

Rombongan pun meyebrang menggunakan perahu motor menuju “surga”-nya para penyelam, yakni hamparan laut luas di teluk Manado. Kekayaan bawah lautnya dipenuhi lebih dari 200 jenis spesies ikan dan 390 spesies terumbu karang,  pemandangan semakin menakjubkan kala mata memandangi celah-celah, goa, dan terowongan kecil di bawah laut.

Didirikan pada 1991, statusnya sebagai taman laut pertama di dunia sekaligus menjadikannya situs warisan dunia setelah masuk dalam daftar UNESCO. Puncaknya, Manado mencanangkan Taman Nasional Bunaken sebagai Kota Pariwisata Dunia 2010. Di sini terdapat 22 desa dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat, 25 persen di antaranya bekerja di pariwisata sedangkan sisanya berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Puas mengagumi mahakarya Yang Maha Kuasa, tim kembali ke penginapan untuk bersiap melanjutkan ekspedisi ke Gorontalo. Sebelum memulai perjalanan menembus malam hari, rombongan menyempatkan diri “pamit” kepada tuan rumah, dealer utama Hasjrat Abadi Manado.

Gorontalo
Roda Avanza akhirnya bergulir di tanah Gorontalo, wilayah yang sebelumnya berupa Kabupaten dan Kotamadya ini, telah ditetapkan menjadi provinsi ke-32 di Indonesia pada 22 Desember 2000. Provinsi muda ini telah menjadi lokasi strategis untuk perdagangan antar negara sejak dahulu kala, kondisi geografis yang berhadapan langsung dengan Hongkong, Taiwan, Jepang, Korsel, Brunei Darussalam, dan Malaysia, membuat Gorontalo  banyak membantu perekonomian nasional.

Sama seperti perjalanan sebelumnya, sajian beragam jenis tekstur permukaan jalan hanya menjadi “camilan” buat MPV dengan sistem gerak roda belakang ini. Keesokan hari, perjalanan dilanjutkan menuju saksi bisu kejayaan kerajaan Gorontalo, Benteng Otanaha, yang terletak di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat.

Wilayah perlindungan ini dibangun pada 1522 dan terletak di atas bukit. Cukup menantang jika ingin menuju ke puncak, pasalnya kaki harus menapaki 348 anak tangga. Namun bila tidak kuat, bisa beristirahat sebentar di 4 titik persinggahan. Dari atas, pemandangan Danau Limboto dan lanskap kota terpampang indah.

Usai mengenal sedikit sejarah, kini rombongan Avanzanation Journey mengeksplorasi Limboto. Lokasi pertama yang dituju, menara Limboto yang kerap disebut mirip dengan menara “Eifel” di Paris, Perancis. Setelah itu tim menuju Danau Limboto, pemandangan langit biru dan suasana hijau terasa sangat menenangkan.

Puas mengagumi Manado dan Gorontalo, perjalanan Avanza akan menuju kota Palu. Bagaimana cerita selanjutnya, tunggu di kisah Avanzanation Journey wilayah Timur selanjutnya.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X