Kompas.com - 05/02/2014, 08:03 WIB
|
EditorZulkifli BJ

Chennai, KompasOtomotif — Sebagai peserta terakhir dalam program mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan (LCGC), itu tidak membuat Datsun keder. Datsun justru sudah menyiapkan "senjata" khusus. 

Vincent Cobee, Head of Datsun Corporate Vice President, mengatakan, empat merek yang sudah lebih dulu memanfaatkan program tersebut, yaitu Toyota dengan Agya dan Honda melalui Brio Satya, dianggap bukan sebagai pesaing utama. Pasalnya, harga ketiga merek tersebut terlampau mahal, mendekati batas maksimal acuan harga yang ditentukan pemerintah, bahkan mencapai Rp 120 jutaan.

"Hanya dua mereka yang bisa menjual dengan harga di bawah Rp 100 juta, Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R. Kami punya kelebihan dibandingkan dengan keduanya, punya tiga baris jok sesuai dengan kebutuhan umum pasar Indonesia," beber Cobee di Chennai, Senin (3/2/2014).

Meski dimensi lebih lebar dari kompetitor, Datsun masih bisa membuat banderol Go+ tetap kompetitif. Kazuyuki Yamaguchi, Kepala Rekayasa Kendaraan Datsun, mengatakan, perhitungan sudah dilakukan sebelum diproduksi dan masuk dalam skala produksi.

"Sesuai dengan dasar pengembangan Datsun, penggunaan komponen lokal di setiap negara dimaksimalkan. Inilah yang membuat Datsun kompetitif dan berkualitas," lanjut Cobee.

Tahun ini, Datsun akan melepas sekaligus dua model untuk Indonesia yang dimulai oleh Go+, ditargetkan April. Sementara, model kedua Go menyusul pada semester kedua tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.