2014: Nissan Sangat Berharap pada Datsun

Kompas.com - 23/01/2014, 15:06 WIB
Dua andalan Datsun tahun ini, Go untuk hatchback dan Go   untuk MPV 7-penumpang Zulkifli BJDua andalan Datsun tahun ini, Go untuk hatchback dan Go untuk MPV 7-penumpang
|
EditorZulkifli BJ

Jakarta, KompasOtomotif - Nissan Indonesia mengaku akan mengandalkan Datsun untuk mendongkrak penjualannya tahun ini, naik 55,4 persen menjadi 95.000 unit dari tahun lalu 61.119 unit. Meksi suku bunga Bank Indonesia (BI Rate) tinggi, Nissan optimis bisa mencapai target tersebut.

"Tahun ini Datsun akan ikut di segmen LCGC. Penjualannya cukup besar,” jelas Yoshiya Horigome, Wakil Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) di Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, hari ini (23/1/2014). Pada 2016, Datsun diharapkan bisa berkontribusi 50 persen untuk penjualan Nissan Indonesia. "Tahun ini, penjualan Nissan kira-kira 65.000," tambah Teddy Irawan, Sales President Product Planning, After Sales, Dealer, Development and Customer Satisfaction NMI.

Anjlok
Penjualan Nissan Indonesia selama 2013 turun 10 persen dari tahun sebelumnya. Tentang hal ini, Horigome berkilah, penyebabnya produksi dari pabrik di Cikampek, Jawa Barat. "Pada paruh pertama tahun lalu sempat terjadi demo buruh pabrik yang mengakibatkan kami kehilangan produksi sampai 3.000 unit,"  beber Horigome.

Memasuki semester kedua 2013, penjualan mobil diterpa berbagai krisis ekonomi, antara lain  suku bunga bank yang tinggi dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang makin anjlok. "Pasar langsung menyusut. LCGC  juga masuk. Kami tidak bisa berbuat banyak. Tahun ini baru ikut memasarkan LCGC,” jelas Horigome,

Evalia
Penjualan Nissan juga  anjlok karena Evalia diceburkan ke segmen MPV bawah, bersaing dengan Avanza, Xenia, dan Ertiga, ternyata tidak berhasil. Evalia hanya bisa terjual 5.900 unit, jauh dibawah target yang ditetapkan 1.500-2.000 unit per bulan atau 18.000 – 24.000 unit per tahun.

"Kami salah strategi. Evalia mobil bagus, bodi monokok. Kini kami menambah kelengkapannya,” tukas Horigome. Dengan penyegaran ini, Nissan Indonesia berharap bisa menjual 7.000 unit Evalian sampai akhir tahun. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.