Mobil Murah Harus Ada Identitas Indonesia

Kompas.com - 10/06/2013, 17:13 WIB
Tantangan buat Honda dan Mitsubishi memberi identitas Indonesia pada produk LCGC mereka Tantangan buat Honda dan Mitsubishi memberi identitas Indonesia pada produk LCGC mereka
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Kementerian Perindustrian mewajibkan setiap mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) menggunakan identitas Indonesia. Tujuannya, setiap merek punya dedikasi tinggi pada model yang diciptakannya.

"Memang tidak akan mengganti merek dasar mereka karena berkaitan dengan hak cipta dan lain-lain, tapi wajib ada identifikasi Indonesia," jelas Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian di Jakarta Selatan, hari ini (10/6/2013).

Potensi pasar LCGC menyasar pada pemilik mobil pertama dari 60 juta pengguna sepeda motor yang ada sekarang ini. Dengan adanya perdagangan bebas di wilayah ASEAN, sayang jika kebutuhan ini dipasok dari negara tetangga.

"Lebih baik dipasok oleh industri dalam negeri karena akan menciptakan nilai tambah yang berlipat," beber Budi.

Suprijanto, Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian menambahkan, saat ini Kemenperin sudah menetapkan lembaga independen yang ditugaskan sebagai auditor. Lembaga ini akan bekerjasama dengan BPPT untuk menentukan lolos tidaknya satu model menyangkut konsumsi BBM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.