Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda CB300F Flex Fuel Meluncur, Bisa Tenggak BBM Bioetanol 85 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda India meluncurkan produk baru yang akan menjadi salah satu inti dari jajaran produk masa depan, yaitu CB300F Flex Fuel.

Motor ini dilengkapi dengan mesin ukuran menengah yang mendukung campuran bahan bakar alternatif dengan etanol hingga 85 persen (E85).

Untuk diketahui, Flex Fuel alias bahan bakar fleksibel merupakan bahan bakar bensin yang terdiri dari bahan-bahan selain minyak. Sebagian besar menggunakan etanol sebagai bahan utama.

Di Indonesia, bahan bakar ini telah diwakili oleh Pertamax Green yang memiliki campuran bioetanol 5 persen (E5).

Honda mengklaim CB300F Flex Fuel yang hadir dengan slogan ‘Get Ready To Flex’ memiliki karakteristik yang persis sama dengan mesin CB300F DLX PRO standar, kecuali dalam penanganan bahan bakar yang berbeda.

“Di Honda, kami bertujuan untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan kami pada tahun 2050,” ujar President & CEO, Honda Motorcycle & Scooter India, Tsutsumu Otani, dalam keterangan resmi (22/10/2024).

“Peluncuran CB300F flex-fuel baru memperkuat komitmen kami untuk mendukung program Ethanol Blended Petrol (EBP) Pemerintah India dan berkontribusi terhadap masa depan yang lebih bersih dan lebih hijau,” kata dia.

Sebagai informasi, model standar motor ini mendukung hingga 10 persen campuran etanol yang disebut E10.

Tapi teknologi terbesar dari model bahan bakar fleksibel adalah mendukung campuran etanol E10 hingga E85, atau hingga 85 persen campuran bioetanol.

Berdasarkan spesifikasinya, CB300F dilengkapi dengan mesin silinder tunggal berpendingin udara dan oil cooler.

Motor street fighter ini memiliki bodi kompak dengan berat 153 kg, dan tangki bahan bakar 14,1 liter. Tersedia sistem keselamatan ABS dan rem cakram depan 276 mm serta belakang 220 mm.

Bicara soal harga, CB300F Flex Fuel dibanderol 170.000 rupee atau setara Rp 30 jutaan. Banderolnya lebih murah dibandingkan CB150R Streetfire di pasar Indonesia, yang ditawarkan mulai Rp 31,780 juta sampai Rp 32,650 juta per Oktober 2024.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/23/092200715/honda-cb300f-flex-fuel-meluncur-bisa-tenggak-bbm-bioetanol-85-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke