Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Upaya Regenerasi Pelaku Kreatif Pinstripe di Kustomfest 2024

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian besar pencinta kustom kulture, khususnya di dunia otomotif, istilah pinstripe pastinya sudah tak asing. Kehadiran seni lukis langsung pada media ini telah menemani evolusi dunia kustom dari waktu ke waktu.

Dalam ajang Kustomfest 2024, Rollie Monkie, produsen enamel paint lokal asal Bandung, membuat konten menarik dengan tema "Kustom Journey" yang menghadirkan artis lokal dan internasional.

Irdham Arbina, inisiator Kustom Journey sekaligus pendiri Rollie Monkie mengatakan, artis yang hadir berasal dari beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Denpasar, Lampung, Banjar, Gowa, dan tidak ketinggalan dari Thailand.

"Kustom Journey merupakan sebuah gagasan yang diusung bersama Kustomfest untuk mengangkat para pelaku seni terutama di wilayah Kustom Kulture dan Kustom Painting dengan mengajak 16 artis untuk live performance dan 60 artis untuk mengadakan art exhibition," kata Irdham Arbina, di Yogyakarta, Sabtu (5/10/2024).

Tujuan utamanya menjadi ajang regenerasi painter muda agar mendapatkan pengalaman dan bisa membawa karya ke ajang lokal, serta internasional untuk painter yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

Selain itu, Kustom Journey juga menjadi sebuah jembatan bagi painter lokal untuk ajang internasional dan jadi jalan painter internasional masuk ke Tanah Air.

Rollie Monkie berupaya membuat sesuatu yang berbeda setiap tahunnya untuk ditampilkan dan dinikmati pencinta dunia kustom, dan saat ini melalui art exhibition yang ketiga kalinya dengan tiga konten utama.

Ketiganya terdiri dari Traditional Pinstripe Exhibition dengan melibatkan lebih dari 50 orang artis pinstripe Indonesia membuat karya pada media berukuran 40x60cm, kemudian Live Kustom Painting and Kraft yang mengajak 15 orang painter dan crafter Thailand dan Indonesia unjuk kebolehan membuat produk yang kreatif dan sangat khas dunia Kustom Kulture.

Berikutnya, Live Painting Performance dengan menampilkan dua artis asal Jogja dan Bandung membuat karya secara langsung di ajang Kustomfest 2024.

Tak hanya di Kustomfest saja, Rollie Monkie juga menghadirkan gerakan serupa dengan acara-acara Kustom baik yang ada di dalam dan luar negeri. Menurut Irdham, yang jadi salah satu misinya adalah menghubungkan painter dari beberapa negara untuk bisa menampilkan artwork-nya di sebuah acara kustom

"Kustom Journye ingin menunjukkan pada pencinta kustom lokal dan internasional bahwa Indonesia punya banyak pelaku kreatif yang sangat mampu bersaing dan memiliki bakat luar biasa. Kustomfest jadi salah satu gerbang untuk menghantarkan ini ke dunia Kustom Kulture yang lebih luas, lebih besar, dan mendunia," ucapnya," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/05/211200915/upaya-regenerasi-pelaku-kreatif-pinstripe-di-kustomfest-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke