Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP Jepang 2024, Bagnaia Tercepat, Acosta Terjatuh Saat Memimpin

Kompas.com - 05/10/2024, 13:26 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan sprint race seri ke-16 MotoGP 2024 yang dilaksanakan di Sirkuit Motegi, Jepang resmi digelar pada Sabtu (5/10/2024).

Berlangsung selama 12 putaran, pebalap andalan tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil menjadi yang tercepat setelah kejatuhan Pedro Acosta saat balapan tersisa empat putaran lagi.

Juara bertahan ini diikuti Enea Bastianini dan Marc Marquez. Sementara pemimpin klasemen, Jorge Martin sukses mengukuhkan ukuran ke-4 meskipun memulai laga dari peringkat 12.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2024, Acosta Pole Position

Sesaat lampu balapan berganti hijau, Bagnaia yang memulai laga dari posisi ke-2 langsung menusuk ke dalam, mendahului Pedro Acosta yang berada di depan.

Ketika pebalap mulai fokus ke Bagnaia, Bastianini dan Brad Binder pun memanfaatkan momentum untuk mengejar. Alhasil, Maverick Vinales yang memulai balapan dari posisi ke-3 kehilangan posisi sampai ke partai tengah.

Marc Marquez sebagai pebalap yang konsisten menaklukkan sirkuit twin ring ini juga tampil agresif. Memulai dari posisi ke-9, hanya dalam dua tikungan dirinya melesat ke peringkat lima.

Masih dalam putaran yang sama, Joan Mirr terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan karena mengalami crash di tikungan ke-4. Sementara Jorge Martin terpantau melesat agresif, naik dari posisi ke-12 ke posisi 6.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Membiarkan Air Radiator Mobil Keruh

Tidak terasa, tiga putaran berlangsung. Pada putaran ini, perebutan posisi pertama antara Bagnaia dan Acosta mulai memanas. Rookie yang kerap menarik perhatian tersebut berhasil menyalip di tikungan 5.

Pada posisi ke-3, ditempati Bastianini dengan jarak 0,3 detik dari Bagnaia yang tepat berada di depannya. Namun ia tidak bisa santai, karena Marquez dan Martin tengah menunggu momen untuk mengambil alih.

Memasuki putaran ke-6, perebutan podium sprint race MotoGP 2024 kini semakin intens. Acosta yang memimpin terus mendapat desakkan Bagnaia sedangkan jarak Marquez dan Martin ke Bastianini yang berada di urutan tiga makin menipis, 1,6 detik.

Tersisa empat putaran, Acosta yang sedang memimpin laga dengan jarak 0,6 detik dari pesaing terdekat gagal mengontrol motornya ketika hendak melintas tikungan empat.

Baca juga: Uni Eropa Sepakat Naikkan Tarif Impor Mobil Listrik China 45 Persen

Alhasil, dirinya terlempar keluar dan terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan. Kondisi ini membuat Bagnaia secara otomatis menempati urutan pertama, diikuti Bastianini dan Marquez.

Jelang akhir laga, tepatnya tersisa dua putaran lagi, Marquez yang ngotot untuk mendapatkan torehan terbaik terus memberikan serangan ke Bastianini.

Sayangnya, Bastianini yang masih konsentrasi tidak melakukan kesalahan dan berhasil mengamankan podium kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau