Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bedah Kelebihan Dapur Pacu Mitsubishi Triton Generasi Terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan model terbaru Mitsubishi Triton. Mobil niaga ringan ini telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia selama 22 tahun.

Hadir dengan slogan 'Turn On the Beast Mode,' All-New Triton hadir dengan pengembangan pada ladder frame dengan luas penampang sasis 65 persen lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

All-New Triton menerapkan desain baru, menampilkan bahasa desain khas Mitsubishi Motors 'Dynamic Shield' pada bagian depan, ditonjolkan melalui lampu T-shape.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia mengatakan kelebihan dari Triton terbaru ada pada mapping ECU.

“Mapping ECU adalah karakter utama, seperti fuel filter dan injektor kita belajar dari 4N15. Kalau 4D56 itu sudah dipakai 36 tahun, dan transisinya di 4N15 dan berhasil di Pajero Sport dan Triton sebelumnya. 4N16 ada banyak highlight,” ucap Rifat dalam keterangan resmi, Senin (9/9/2024).

Rifat mengatakan variable geometry turbocharger (VGT)-nya bisa melakukan banyak variasi tenaga. 4N16 juga pakai timing chain bukan timing belt, kekuatan dari mesinnya supaya tidak ada hilang tenaga.

“Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar, kami antisipasi injektor yang sudah disesuaikan, serta fuel filter dengan SOP perawatan berkala yang telah ditetapkan, ini bermanfaat buat bisnis tambang,” ucap Rifat.

All-New Triton dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4, lebih bertenaga dan efisien, dengan tenaga maksimal 184 PS atau 181,5 Tk dan torsi sebesar 430 Nm. Mobil ini berpenggerak 4x4, untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222 mm.

Mesin baru ini memiliki banyak kelebihan dibanding mesin-mesin Triton model sebelumnya yakni 4N15 dan 4D56. Mesin baru tersebut diyakini mampu mendongkrak fungsionalitas di medan-medan berat, serta lahan bisnis yang selalu jadi makanan Triton yakni perkebunan dan tambang.

Berbeda dengan Triton sebelumnya, kali ini mesin 4N16 diberikan untuk seluruh varian dari terendah hingga tertinggi. Meski satu mesin, ternyata tenaga dan torsi maksimal yang ada di setiap varian berbeda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan pada tiap varian.

“Triton punya 3 horsepower yang berbeda, 110, 150, dan 184. 110 sudah dijelaskan tadi karena feedback dari customer yang di field, yang tidak butuh cepat tapi butuh kapabilitas bergerak di medan berat,” ucap Rifat.

Rifat mengatakan, mesin 150 hp ada pada varian GLS 4x4 dan GLX 4x2. Mesin ini memiliki keunggulan lebih kepada lighter offroad, kombinasi jalan raya dan offroad.

“Mesin 184 hp di varian paling atas, ini lebih ke lifestyle dan day-to-day, torsi bawah untuk kegiatan ini tidak perlu torsi besar, torsi 2.500 di 2.700. Gearnya juga berubah dari 4,0 ke 4,6, ini akan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita,” ucap Rifat.

Kelebihan mesin 4N16 dibanding mesin 4N15.

  • Bentuk bagian atas piston sudah disempurnakan, membuatnya lebih ringan, lebih minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber.
  • Mesin ini punya perbedaan di supply pump dan injector,
  • Bentuk inlet yang lebih optimal, dan
  • Adanya penggunaan variable oil control valve.

Kombinasi itu membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja, terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di awal dengan beban penuh.

 Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI mengatakan pihaknya menyesuaikan kebutuhan konsumen dan karakteristik bisnisnya masing-masing.

“Terutama yang dilakukan adalah varian HDX dengan power rendah, torsi kuat, di mana mereka membutuhkan respons cepat dan butuh tenaga lebih besar,” ucap Hikaru dalam keterangan resmi, Senin (9/9/2024).

Hikaru mengatakan, Mitsubishi juga mencoba meningkatkan kemampuan efisiensi mobil ini semakin baik di setiap varian, jadi mereka menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dari masing-masing varian tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/25/184744115/bedah-kelebihan-dapur-pacu-mitsubishi-triton-generasi-terbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke