Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

CATL Pamer Baterai Teknologi Baru, Usia Pakai 15 Tahun dan 1,5 Juta Km

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan baterai terus mengembangkan teknologinya agar semakin awet dan efisien. Belum lama ini, produsen baterai asal China, Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) memamerkan baterai terbarunya.

Dikutip dari Carnewschina.com, Rabu (18/9/2024), baterai Tianxing-B alias Tectrans B dari CATL telah dikembangkan secara khusus untuk bus listrik. Baterai ini memiliki kepadatan energi 175 Wh/kg.

Untuk diketahui, CATL mengeklaim bahwa baterai tersebut saat ini menjadi baterai dengan kepadatan energi tertinggi di industri bus. Disebutkan bahwa masa pakai baterai adalah 15 tahun dan 1,5 juta kilometer.

CATL akan memberikan garansi untuk Tianxing-B selama 10 tahun atau 1 juta kilometer. Baterai ini juga sudah memiliki sertifikasi IP69. Sehingga, tahan direndam air hingga 72 jam.

Tianxing adalah merek CATL untuk baterai EV yang didedikasikan untuk kendaraan komersial. Merek baru ini diluncurkan pada 4 Juli. Produk pertama di bawah merek Tianxing adalah baterai Tianxing-L yang didedikasikan untuk kendaraan komersial ringan.

Tianxing-L edisi jarak jauh menawarkan kapasitas 200 kWh, kepadatan energi 200 Wh/kg, dan garansi 8 tahun atau 800.000 km. Baterai ini juga mendukung pengisian cepat 4C, yang memungkinkan pengisian ulang baterai hingga 60 persen dalam 12 menit.

CATL menyebutkan bahwa baterainya saat ini sudah digunakan pada 385.000 bus listrik di seluruh dunia. CATL juga menyebutkan akan segera memproduksi massal baterai Tianxing-B, tapi tidak mengatakan detailnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/18/190100715/catl-pamer-baterai-teknologi-baru-usia-pakai-15-tahun-dan-1-5-juta-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke