Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suzuki Karimun Pikap Langka Tampil Racing

JAKARTA, KOMPAS.com- Suzuki Karimun meluncur pada akhir 1990-an. Mobil yang memiliki dimensi mungil ini cukup banyak diminati masyarakat, terutama bagi mereka yang mobilitasnya di perkotaan.

Namun, berbeda dengan Suzuki Karimun yang ditampilkan oleh akun Instagram bernama Nursalim Putra Ilhami dengan nama akun @garasi_karimun.

Dalam unggahan tersebut, tampilan city car asal Jepang tampak berbeda lantaran memiliki bak dibekali bak pada bagian belakang.

Karimun pikap ini merupakan unit Completely Knocked Down (CKD) yang dirakit di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

“Unit itu pembelian di Indomobil untuk Suzuki, unitnya memang tidak dijual bebas dan terbatas yang punya hanya anggota polisi,” kata pria yang akrab disapa Salim, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/7/2024).

Secara keseluruhan, tampilan depan masih mengusung desain khas Karimun dengan lampu utama berbentuk kotak. Perbedaan ada pada bagian gril serta bumper depan yang tampak lebih berisi lantaran disematkan penambahan bodykit.

Berlanjut ke bagian samping, perbedaan langsung terasa begitu signifikan dengan Karimun yang ada di Indonesia.

Wheel base tampak lebih panjang dari Karimun standar, dengan tambahan bak terbuka di bagian belakang layaknya mobil pikap.

Terlihat penyematan bodykit pada bagian samping, dipadukan dengan pelek BBS R17 yang membuat tampilannya semakin menarik.

Selanjutnya di bagian belakang, tampak minimalis dengan bak belakang yang bisa terbuka. Penutup ban menggunakan bahan plastik yang sama seperti bumper. Sementara di bagian bawah terdapat bumper tambahan yang disesuaikan dengan bagian depan.

Adapun di bagian interior, menggunakan jok Vission Bugatti yang dipadukan dengan nuansa karbon hitam. Kabin Karimun pikap ini juga terlihat mewah berkat penyematan sunroof Webasto.

Untuk audio menggunakan Tape D din Sony, dilengkapi dengan prosesor Venom PVR 2MK11 8 Ch, 1 power monoblock Cliff Design, 1 power 4 Ch Ultra Drive, 2 Sub Venom xtream 10 inci, 1 set Speaker 3 way cello, 1 power 2ch mc fun dan 1 set fullrange Mercury.

Berlanjut ke jantung pacu, mesin Karimun pikap, sama seperti Karimun kotak pada umumnya dengan kode mesin F10A karburator. Tapi, yang satu ini di-swap menggunakan mesin Wagon R wide turbo K10A 1000cc inline 4 silinder DOHC 16 katup intercooler turbo (100 Tk).

Menggunakan transmisi manual 5 percepaan, serta dibekali beberapa komponen tambahan untuk menambah performa, seperti Blow off HKS, Ecu Haltech PS 500, Intercooler custom, Filter Udara HKS dan masih banyak lagi.

Salim mengatakan, Suzuki Karimun pikap ini dijual oleh pemiliknya dengan harga Rp 225. 

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/31/100200415/suzuki-karimun-pikap-langka-tampil-racing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke