Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ribut gara-gara Parkir Paralel, Ingat Selalu Kalem Saat Berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video di media sosial yang memperlihatkan dua pihak bersitegang karena urusan parkir. Bahkan, salah satunya sampai emosi hingga cenderung melewati batas.

Pada video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @graciellangel99, disebutkan bahwa dia memarkir mobilnya di Mall Kelapa Gading secara paralel, tetapi dalam posisi transmisi di N (Netral), bukan di P (Parking), dan tidak pula mengaktifkan rem parkir atau rem tangan.

Namun, ada pemilik mobil lainnya yang emosi karena tidak bisa keluar akibat mobilnya terhalang. Orang tersebut mengaku sampai menunggu hingga lebih dari satu jam.

Dia tetap meminta maaf, tapi pemilik mobil yang terhalang tersebut tetap tidak terima. Puncaknya, salah satu pelaku yang emosi tersebut mencoret-coret bagian belakang mobil.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, memang idealnya parkir tidak menutupi jalan keluar kendaraan lain. Namun, kadang ada yang terlewat juga.

"Boleh komplain atau marah, tapi tidak boleh emosi, karena emosi membuat aksi negatif atau tidak terkontrol, seperti pada video," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Pelaku melakukan tindakan tidak terpuji dengan merusak kendaraan dan mengajak berhantam, itu sudah melanggar hukum. Apalagi, korban punya bukti CCTV," kata Sony.

"Ketika hal tersebut terjadi, tindakan korban sudah benar dengan tidak terpancing. Tetap di dalam mobil, kunci pintu dan jendela. Boleh lakukan perekaman untuk bukti atau bunyikan klakson panjang untuk mengundang pihak keamanan. Tetapi, kalau sudah sampai taraf terancam, ambil langkah seribu atau pergi," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/09/062200315/ribut-gara-gara-parkir-paralel-ingat-selalu-kalem-saat-berkendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke