Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menguji Performa dan Efisiensi Bahan Bakar Honda Brio RS

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio RS facelift mendapatkan sedikit penyegaran pada bagian eksterior, interior, dan fiturnya. Lalu, bagaimana dengan performa dan efisiensi bahan bakarnya?

Brio RS facelift kali ini punya tampilan lebih modern, baik pada eksteriornya maupun interiornya.

Mobil ini juga cukup nyaman untuk dibawa berkendara harian. Apalagi, fitur-fitur terbarunya juga menambah kepraktisan dari penggunanya.

Soal performa mesin atau dapur pacu, Honda tidak memberikan penyempurnaan terhadap mesin 1.2 L, SOHC, 4-silinder, 16 katup, i-VTEC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 88,7 tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin diteruskan ke roda depan melalui CVT. Sehingga, perpindahan transmisi lebih halus dan diklaim lebih hemat bahan bakar.

Gasnya cukup responsif, meskipun hanya menggunakan mesin 1.200 cc. Saat diajak bermanuver, didukung dengan bodi mobil yang ringkas, membuatnya jadi lincah.

Soal konsumsi bahan bakar minyak (BBM), redaksi Kompas.com mengujinya untuk dalam kota dan luar kota. Untuk dalam kota, menggunakan rute kombinasi antara jalan biasa dengan jalan tol dalam kota. Kondisi lalu lintas juga beragam, antara macet dan lancar.

Untuk konsumsi BBM dalam kota, Brio RS facelift tercatat menghasilkan 16,6 kilometer per liter. Angka tersebut didapat setelah mobil menempuh jarak hingga 60 km.

Sementara untuk konsumsi BBM luar kota, Brio RS facelift bisa menghasilkan hingga 20,7 kilometer per liter. Angka tersebut didapat setelah menempuh jarak 100 km.

Hasil tersebut didapat dengan catatan ada bobot tambahan, yakni satu pengendara dengan 60 kg. Kemudian, jenis bahan bakar yang digunakan adalah Pertamax.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/04/164100715/menguji-performa-dan-efisiensi-bahan-bakar-honda-brio-rs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke