Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Sopir Truk ODOL Memarahi Polisi

JAKARTA, KOMPAS.com – Reaksi beragam dari pengendara yang kena tilang oleh polisi hingga saat ini masih menjadi fenomena yang mewarnai lalu lintas Indonesia. Begitu juga pengendara yang kerap lebih galak dari polisi saat ditilang.

Kejadian tersebut bahkan terekam pada cuplikan video yang diunggah oleh akun Tiktok@polisigaul87. Hanya saja dalam video tidak disebutkan di mana dan kapan kejadian tersebut terjadi.

Pada video tersebut, nampak seorang sopir truk dengan muatan berlebihan atau ODOL enggan ditilang oleh polisi. Namun, bukannya mengaku salah, sopir truk tersebut justru terlihat membela diri dan memarahi polisi yang bertugas.

Padahal truk dengan muatan 50 ton tersebut juga alami patah roda AS sehingga mogok. Lantaran posisi mogok berada di tengah jalan, truk tersebut menimbulkan kemacetan.

Sopir truk makin marah-marah saat dimintai SIM, STNK, dan juga surat KIR kendaraan tersebut. Lalu dengan sabarnya polisi tersebut tetap menjelaskan bila dirinya tidak ingin menilang, namun memberikan edukasi pada sopir truk. 

Menanggapi video tersebut, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhonny Eka mengatakan, bila kesabaran adalah kunci utama dalam bertugas dilapangan menertibkan lalu lintas.

Terkait tilang untuk truk ODOL, Jhonny mengatakan, masih mempelajari dan belum bisa berkomentar lantaran regulasinya masih belum jelas.

Sebagai informasi, hingga saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih terus menyusun regulasi terkait pelarangan operasional truk ODOL. Alhasil, belum ada aturan jelas terkait tilang atau sanksi baku bagi truk ODOL.

“Saya belum bisa komentar terkait itu (ODOL),” kata Jhonny.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/06/062200115/viral-video-sopir-truk-odol-memarahi-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke