Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kipas Radiator Mobil Baru Berputar Bila AC Aktif, Amankah?

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kipas radiator seharusnya bekerja bila dibutuhkan, terutama ketika suhu air radiator sudah menyentuh angka optimalnya. Sehingga, temperatur mesin dapat terjaga tetap stabil.

Dengan kata lain, ketika suhu mesin masih dingin bisa saja kipas radiator tidak akan berputar. Peristiwa ini sudah diatur sedemikian rupa oleh sistem baik yang masih menggunakan kontrol oli, atau ECU.

Sehingga, pengguna mobil tidak perlu khawatir bila didapati kipas radiator tidak berputar ketika suhu mesin masih dingin dan kipas akan berputar langsung bila menghidupkan AC.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan memang ada masanya kipas radiator tidak berputar, baru akan berputar bila AC hidup, tapi dengan catatan selama suhu mesin masih dingin.

“Jika suhu sudah naik tapi kipas tetap tidak mau menyala ini yang bisa jadi masalah, apalagi kebiasaan orang ada yang suka berkendara tanpa AC menyala, jika biarkan bisa menyebabkan overheat,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Hardi mengatakan kontrol kipas radiator bisa berasal dari dua sumber yaitu dari kebutuhan mesin dan AC. Sehingga, penyebab kipas radiator tidak berputar pun bisa dari keduanya.

Dia mengatakan, bila kipas radiator tidak menyala padahal suhu mesin sudah tinggi, maka bisa saja ada masalah pada oli visco fan bila kipas belum dikontrol dengan komputer.

“Kalau mobil-mobil modern, kontrol kipas radiator sudah melalui ECU sehingga melibatkan engine coolant temperature sensor (ECT), sensor ini juga bisa menyebabkan kipas tidak berputar meski suhu sudah cukup tinggi,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan ECU mengambil data dari laporan ECT untuk memerintahkan kipas radiator berputar sehingga bila data yang diinfokan tidak akurat, maka bisa saja kipas tidak bekerja sewajarnya.

“Sedangkan kontrol kipas radiator juga bisa dari sistem AC, jadi begitu saklar AC on, maka kipas bisa saja berputar karena sumber perintahnya berbeda, jadi pengguna mobil perlu lebih jeli soal ini,” ucap Hardi.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/30/114100315/kipas-radiator-mobil-baru-berputar-bila-ac-aktif-amankah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke