Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Dari Sudut Pandang Pengusaha Truk, Lebih Enak Lewat Tol atau Nontol? | Tanda Kopling Mobil Transmisi Manual Sudah Minta Diganti

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk merupakan angkutan yang punya peran penting di Indonesia. Berbagai jenis barang bisa diangkut, dari material konstruksi sampai bahan pokok atau kebutuhan sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, infrastruktur jalan tol mulai membentang ke berbagai daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa (Tol Trans-Jawa).

Hadirnya tol yang menghubungkan bagian Timur sampai Barat Jawa tentu bisa mempercepat waktu pengiriman. Tapi kalau dibandingkan, mana yang lebih dipilih pengusaha truk saat mengantarkan barangnya, jalan tol atau nontol?

Selain itu, mobil yang memiliki performa yang baik akan aman digunakan untuk perjalanan. Selain aman, pengendara juga akan mendapatkan kelebihan lain terkait kenyamanan, dan konsumsi bahan bakar.

Mobil yang memiliki performa baik tentu akan memberikan kemampuannya secara optimal demi mendukung keperluan pengguna. Sebaliknya, mobil yang performanya buruk akan mendatangkan banyak kerugian.

Salah satu komponen yang wajib dijaga performanya adalah kopling pada mobil manual. Jika kopling sudah menunjukkan gejala penurunan performa sebaiknya segera diganti. Apa saja tandanya?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 28 Maret 2023 :

1. Dari Sudut Pandang Pengusaha Truk, Lebih Enak Lewat Tol atau Nontol?

Tonny Wijaya, Trucking Manager PT Dunia Express Transindo, mengatakan, pemilihan apakah barang diantar lewat tol atau nontol kembali ke pemilik barang.

"Kalau full tol, dari sisi waktu akan lebih cepat. Tapi ada pertimbangan lain dari sisi biaya, karena cukup besar yang harus kita cover," ucap Tonny kepada Kompas.com belum lama ini.

Tapi menurut driver yang ada di perusahaannya, kebanyakan lebih suka lewat jalan nontol. Penyebabnya adalah, pengemudi bisa menentukan tempat istirahat yang sudah biasa dikunjungi, berbeda dengan di tol.

2. Tanda Kopling Mobil Transmisi Manual Sudah Minta Diganti

Forman Nissan Bogor Fandi Ahmad mengatakan kerusakan kopling pada mobil manual bisa dirasakan langsung oleh pengemudi, sehingga bila paham konsepnya akan bisa mengidentifikasi apakah kopling sudah waktunya ganti atau belum.

“Tarikan mesin saat melaju kurang bertenaga, bila biasanya dengan putaran mesin sekian mobil sudah bisa melaju dengan kecepatan sekian, kali ini lebih kecil daripada biasanya, itu bisa menjadi tanda kampas kampas kopling sudah aus,” ucap Fandi kepada Kompas.com, Selasa (28/3/2023).  

3. TAM Ungkap Rahasia Kesuksesan Innova Zenix di Segmen Hybrid

Toyota berhasil menyabet 3 penghargaan bergengsi dalam gelaran Otomotif Award 2023 yang diadakan di Studio 1 Kompas TV, Jakarta Barat, hari Senin (27/3/2023).

Deretan penghargaan yang diraih Toyota adalah ‘Best Medium MPV Gasoline’, ‘Best Hybrid Car’, dan ‘Car of the Year’. Uniknya, ketiga penghargaan itu diraih oleh lini yang sama, yakni Innova Zenix dan Innova Zenix Hybrid.

4. Ternyata Kendaraan Sering Gonta-ganti BBM Beda Merek Berbahaya!

Harga BBM pada SPBU milik swasta cukup fluktuatif. Tak sedikit pemilik kendaraan yang tidak mau rugi dan mengisi BBM tergantung dari mana yang harganya lebih murah.

Sebagian orang beranggapan bahwa kebiasaan mencampur bensin dari beda merek tidak masalah, yang penting nilai oktannya sama. Namun, anggapan tersebut sebenarnya salah dan bahkan dampaknya cukup fatal bagi mesin.

5. Pengendara Motor Jangan Pernah Memotong Jalur Mobil

Seperti menjadi kebiasaan, pengendara sepeda motor di jalan raya banyak yang memilih untuk memotong jalur kendaraan lain.

Alasannya untuk menghindari kemacetan. Tapi, ada risiko kecelakaan yang mungkin terjadi. Contohnya di dalam unggahan video @dashcam_owners_indonesia, Senin (27/3/2023). Tampak, pengendara sepeda motor memotong jalur di depan mobil dan ditabrak pengendara lainnya dari arah belakang.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/29/060200715/-populer-otomotif-dari-sudut-pandang-pengusaha-truk-lebih-enak-lewat-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke