Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknik Berkendara Motor Saat Terpaksa Lewat Jalanan Berlubang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalanan di Indonesia saat masuk musim hujan biasanya penuh dengan lubang. Tentu saja lubang ini bisa membahayakan pengendara motor, karena paling mudah hilang keseimbangannya.

Sebenarnya, dengan menjaga pandangan jauh ke depan, jaga jarak aman, pengendara motor bisa menghindari lubang. Tapi jika kaget dan terpaksa melewati jalanan yang berlubang, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, untuk menghindari jatuh karena melibas lubang, pengendara harus bisa menjaga keseimbangannya.

"Ketika melihat lubang, jangan panik dengan mengerem mendadak atau menghindar ke kanan atau kiri," ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Rem mendadak malah bisa membuat roda kehilangan cengkeraman yang mengakibatkan pengendara terjatuh. Jadi tenang adalah kunci saat melewati jalanan yang berlubang.

"Jika lubang tersebut masih bisa dilewati, maka angkat sedikit pinggul dari jok motor agar posisi badan tetap stabil. Kemudian pegang kuat setang agar tidak terlepas," kata Agus.

Kemudian, teknik selanjutnya adalah mengatur gas dengan baik. Ternyata, membuka dan menutup gas dapat memengaruhi keseimbangan motor, jadi harus dijaga dengan baik.

"Tapi yang utama, pandangan mata harus fokus ke depan, agar bisa melihat jalan dengan baik dan mengantisipasi setiap potensi bahaya di depan kita," ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/27/094200215/teknik-berkendara-motor-saat-terpaksa-lewat-jalanan-berlubang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke