Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keuntungan Pasang Stiker Mobil, Bisa Hindari Lecet

JAKARTA, KOMPAS.com - Melapisi mobil dengan stiker atau decal menjadi salah satu cara praktis untuk bikin tampilan mobil jadi lebih keren.

Cara ini cukup banyak dipilih oleh para pecinta modifikasi, lantaran mudah dilakukan. Selain itu harganya juga lebih terjangkau dibanding mengecat mobil dengan teknik airbrush.

Tak hanya bisa mendongkrak tampilan mobil, stiker juga ternyata memiliki manfaat, yakni melindungi cat. Sebab, material stiker lebih tahan terhadap lecet ketimbang cat.

“Stiker itu lebih tahan dari goresan. Ada beberapa konsumen saya, mobil mereka sempat kesenggol sampai baret, tapi body-nya aman. Karena hanya stikernya yang tergores,” ucap Yudi, pemilik dari Yudi Sticker, saat ditemui Kompas.com di Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2023).

Yudi menambahkan, stiker yang digunakan untuk melapisi bodi bisa bertahan hingga bertahun-tahun, tergantung dari pemakaian konsumen.

“Kalau saya menyarankan satu tahun setengah atau dua tahun, tapi kadang ada mereka yang sampai lima tahun. Bahkan, saya pernah ketemu konsumen yang sampai delapan tahun stikernya masih nempel dan utuh. Jadi tergantung pemakaian,” kata dia.

Sementara itu, untuk perawatan body mobil yang dilapisi stiker menurut Yudi cukup mudah.

“Paling untuk perawatannya biasanya mencuci dengan air biasa saja tanpa menggunakan shampo. Karena menurut saya, kalau shampo dan mengering bisa menimbulkan efek jamur,” ucap Yudi.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/04/100200015/keuntungan-pasang-stiker-mobil-bisa-hindari-lecet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke