Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Istilah Overhaul pada Mobil

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua bengkel mobil menerima layanan overhaul. Banyak orang menggunakan istilah ini untuk menyebut salah satu jenis layanan servis di bengkel. Namun, sedikit yang paham apa maksud dari overhaul yang benar.

Bahkan ada yang mengartikan sebagai kata lain dari turun mesin. Padahal, bisa saja mesin diturunkan dari mobil, tapi proses overhaul tidak dilakukan karena sebenarnya overhaul dan turun mesin itu dua hal yang berbeda.

Turun mesin mungkin dilakukan demi mempermudah suatu pekerjaan, meski dalam pekerjaan tersebut tidak ada hubungannya dengan overhaul. Lantas, apa maksud overhaul yang benar?

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan overhaul atau biasa disebut OH adalah sebuah metode yang dilakukan dalam mengerjakan suatu pekerjaan pada mobil, jadi overhaul ini bukan suatu jenis pekerjaan tapi metodenya.

“Bahkan overhaul ini bermacam-macam, ada overhaul mesin, overhaul transmisi, bahkan ada overhaul rem, ini menandakan overhaul adalah sebuah metode, sedangkan rem, mesin dan transmisi tadi adalah objek atau jenis pekerjaan yang dilakukan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (27/2/2023).

Dia mengatakan overhaul adalah metode pemeriksaan komponen mobil yang bertujuan untuk dilakukan peremajaan.

“Biasanya overhaul dilakukan setelah melalui rangkaian proses pemeriksaan yang panjang, jadi overhaul ini pilihan terakhir bila sudah tidak ada kemungkinan lainnya, karena untuk overhaul mesin atau transmisi misal, itu butuh biaya yang besar dan perhitungan yang matang” ucap Hardi.

Di dalam overhaul, ada beberapa pekerjaan yang dilakukan seperti pengukuran hingga pemeriksaan visual.

“Ada beberapa yang perlu dilakukan pengukuran untuk menyamakan dengan standarnya, ada juga pemeriksaan visual apaka ada komponen yang aus dan sebagainya, nah dari hasil pengukuran dan pemeriksaan tadi pelanggan akan mendapatkan rincian hasil pemeriksaan,” ucap Hardi.

Jadi, setelah dilakukan overhaul secara keseluruhan diharapkan performa mobil menjadi normal kembali.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/27/171200415/mengenal-istilah-overhaul-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke