Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pabrik Esemka Punya Fasilitas Baru, Siap Produksi Mobil Listrik?

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama tak ada kabar, akhirnya nama PT Solo Manufaktur Kreasi selaku produsen mobil Esemka kembali terdengar di awal 2023.

Menariknya, Esemka membuat kejutan dengan ikut serta dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Tak hanya sekadar menjadi peserta, dari informasi dan beberapa petunjuk yang ada, Esemka diduga juga bakal meluncurkan mobil listrik pertamanya di IIMS nanti.

Sinyalnya berasal dari bocoran foto-foto mobil listrik yang diduga akan jadi produk Esemka, serta tampilan logo baru yang digunakan pada ajang IIMS nanti.

Bicara soal kabar Esemka, rupanya banyak perkembangan yang dilakukan. Paling baru terkait penambahan beberapa fasilitas di pabrik yang bermarkas di Boyolali, Jawa Tengah.

Sabar Budhi, yang kini menjabat sebagai Direktur Opersional PT Solo Manufaktur Kreasi mengatakan, selama pandemi Esemka banyak melakukan persiapan berkaitan dengan aktivitas produksi.

"Pabrik di Boyolali saat ini sudah lebih lengkap, jadi ketika pandemi kami memang sempat setop, tapi bukan berarti tanpa perkembangan. Sekarang fasilitasnya lebih lengkap, kami tambah line untuk painting dan welding," ucap Sabar kepada KOMPAS.com, Minggu (5/2/2023).

Menurut Sabar, penambahan kedua fasilitas tersebut digarap sejak 2021. Instalasinya pemasangan langsung dilakukan oleh sumber daya manusia (SDM) Esemka sendiri.


Terkait soal aktivitas, Sabar mengatakan, proses produksi saat ini berjalan normal. Dengan adanya tambahan fasilitas baru, total Esemka sudah memiliki enam line.

"Penambahan dua line, jadi kami sekarang punya enam line di pabrik. Welding kami instal sendiri, jadi benar-benar dilakukan SDM atau putra-putra daerah yang ada di kami," kata Sabar.

Sayangnya, Sabar tak memberikan komentar apapun ketika ditanya apakah penambahan fasilitas di pabrik juga disiapkan untuk memproduksi mobil listrik.

Begitu juga ketika disinggung soal dugaan Esemka yang akan melucurkan mobil listrik dalam ajang IIMS 2023.

"Yang pasti tahun ini kami akan hadir di IIMS nanti," ucapnya.

Seperti diketahui, sebelumnya sempat beredar foto-foto yang diduga akan menjadi mobil listrik Esemka dengan menggunakan produk keluaran Hozon Auto, yakni Neta V dan U.

Namun saat dikonfirmasi, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, masih enggan memberikan tanggapan.

Eddy hanya menjelaskan semua informasi akan diungkap pada gelaran IIMS yang akan berlangsung dari 16-26 Februari 2023.

"Untuk model dan informasi lainnya, kita tunggu 16 Februari saat IIMS ya. Nanti kami akan informasikan lebih detail," kata Eddy beberapa waktu lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/06/090200915/pabrik-esemka-punya-fasilitas-baru-siap-produksi-mobil-listrik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke