Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Cross Country Rally Team Siap Bertarung di AXCR 2022

BURIRAM, KOMPAS.com - Selain Rifat Sungkar bersama Mitsubishi Ralliart, ada juga beberapa pebalap Indonesia lainnya yang turun di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022.

Diketahui ada beberapa pebalap Tanah Air yang tergabung dalam Indonesia Cross Country Rally Team.

Tim ini terdiri dari kelas mobil yang akan diperkuat Memen Harianto dan Rimhalsyah yang memacu Jeep Cherokee. Lalu, tim motor dipimpin Rudy Poa menggunakan KTM 790 Adventure R, serta Muffi Muis Karim dan Habib Fadhlurrohman menggunakan Honda CRF250 Rally.

Dengan dukungan dari JNE dan Furukawa Battery, akhirnya tim Indonesia Cross Country Rally ini siap menghadapi tantangan reli sejauh hampir 2.000 km, dari Buriram, Thailand, hingga Siem Reap, Kamboja.

Menurut Rudy Poa, pebalap sekaligus ketua rombongan, semua persyaratan mengikuti lomba dan persiapan fisik serta teknis telah dilakukan.

”Segala persyaratan sudah kita penuhi dan pihak penyelenggaran juga sangat menantikan kehadiran tim Indonesia setiap tahunnya. Tahun ini, kita kembali mengikuti dua kelas yakni mobil dan motor dengan segala persiapan yang terus kita lakukan sambil berjalan untuk menuai hasil baik nantinya," ujar Rudy, dalam keterangan resminya.

"Target kita tentunya menjadi yang terbaik dan bisa naik podium di setiap leg-nya, untuk itu latihan navigasi menjadi salah satu materi utama yang kita pelajari dan persiapkan,” katanya.

Rudy menambahkan, tahun ini dirinya membawa motor KTM 790 Adventure R dan ikut kelas M3 khusus untuk big bike.

“Kelas ini baru dipertandingkan di AXCR tahun ini, dengan pengalaman sebelumnya mengikuti AXCR saya mencoba kelas baru ini dengan target tentunya juara,” ujar Rudy, yang sudah tahun keenam mengikuti AXCR sebagai manajer tim.

Untuk bisa melibas tantangan di AXCR 2022, Rudy melakukan beberapa modifikasi pada motornya dari pemasangan alat navigasi Road Book, Rally Kit, dan menggunakan ban full offroad soft compound dengan pelek diameter lebih kecil.

Selain itu, disematkan juga handguard, foam grip untuk genggaman lebih lembut dan antigetar, steering damper, pelindung kopling, footpeg lebih rendah, tuas rem lebih pendek, pelindung rantai, dan knalpot freeflow, serta pemasangan sidebag.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/21/140200215/indonesia-cross-country-rally-team-siap-bertarung-di-axcr-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke