Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baru Pertama Ikut AXCR 2022, Rifat Sungkar Targetkan Kemenangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Rifat Sungkar akan menjadi salah satu pereli yang mewakili Indonesia dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Bersama Mitsubishi Ralliart, Rifat menargetkan kemenangan di Buriram, Thailand.

Padahal, Rifat mengaku bahwa ini menjadi pengalaman pertamanya berkompetisi dalam balap reli ketahanan tersebut. Meskipun jam terbang di dunia reli sudah tinggi, tapi AXCR cukup berbeda dari balap reli yang selama ini dia geluti.

Tahun 2022 juga menjadi momen kembalinya Ralliart ke dunia balap setelah vakum hingga lebih dari satu dekade. Menurut Rifat, dengan kembalinya Ralliart, salah satu target awal sudah tercapai.

"Ini artinya ada satu kebangkitan besar, semangat Mitsubishi bahwa kita punya produk yang bisa dikembangkan untuk kompetisi," ujar Rifat, saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk target pribadi, Rifat mengatakan, kemenangan adalah targetnya. Jika tidak untuk menang, menurutnya, tidak perlu berangkat ke Thailand.

"Menang yang saya maksud, kita datang ke sini bukan dengan kelas kendaraan paling atas, tapi production car," kata Rifat.

Rifat sendiri mengaku terkejut dengan kekuatan Triton. Sebab, setelah melalui pengetesan selama tiga hari, dengan kondisi mobil standar dan hanya diganti sokbrekernya saja, tapi tetap kuat.

Rifat menambahkan, pada Triton yang dikendarainya terdapat dua kotak yang menyimpan 16 telemetri di semua titik sudut mobil. Setelah ribuan kilometer pengetesan, sasis Triton juga tidak mengalami keretakan.

"Satu lagi alatnya adalah live data recorder, jadi yang saya lakukan pada mobil langsung dilaporkan ke Jepang. Jadi, jika perlu ada perbaikan bisa dilakukan dan itu tidak masalah," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/20/160055515/baru-pertama-ikut-axcr-2022-rifat-sungkar-targetkan-kemenangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke