Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Toyota Hanya Bawa 41 unit bZ4X untuk KTT G20

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia resmi membawa 143 unit kendaraan listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) untuk mendukung gelaran Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

Dari jumlah tersebut, 102 unit di antaranya merupakan Lexus UX 300e serta 41 unit Toyota bZ4X yang sama-sama dibawa langsung (completely built-up/CBU) dari Jepang.

Menariknya, bZ4X merupakan mobil yang benar-benar baru diluncurkan Toyota global dan belum diperkenalkan secara umum di dalam negeri. Bahkan, produk ini sempat diwacanakan tak jadi hadir untuk G20 karena pertimbangan terkait.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy turut bersyukur pihaknya bisa membawa bZ4X untuk mendukung acara kenegaraan tersebut. Meski patut diakui, banyak pertimbangan untuk melakukannya.

"Dari awal memang rencananya kita bawa, kita diskusikan dan kita bicarakan. Tetapi memang butuh persiapan lebih panjang karena mobil benar-benar baru, belum kita launching dan kita pakai. Jadi ini yang pertama," kata dia di sela-sela Handover Ceremony di GBK, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

"Biasanya, persiapan mobil baru itu sangat panjang. Kalau untuk UX 300e kan sudah kita jual 1-2 tahun kemarin, jadi tinggal pakai. Semua persiapan sudah rampung," lanjut Anton.

Oleh karena itu, menjadi salah satu alasan mengapa ketersediaan bZ4X untuk gelaran G20 tidak sebanyak UX 300e. Di samping, ada berbagai faktor lainnya seperti keputusan prinsipal, permintaan pemerintah RI, dan lain-lain.

"Belum lagi persiapan, availability (ketersediaan unit), dan lain sebagainya," ujar Anton lagi.

Sebagai informasi, bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi BEV pertama Toyota yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan 2022 ini.

Penggunaannya di KTT G20 ini setelah adanya permintaan kuat dari pemerintah Indonesia, serta pengaturan ulang global supply bersama prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC).

Sementara UX 300e, merupakan kendaraan elektrifikasi dengan teknologi BEV premium jenis subcompact SUV, yang pertama kali dipasarkan pada 2020 lalu.

Kehadiran model Lexus di Bali juga akan didukung dengan fasilitas e-LCMS (Electric lexus Mobile Concierge Service) untuk lebih memberikan kenyamanan dan kelancaran mobilitas peserta KTT.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/19/182100615/alasan-toyota-hanya-bawa-41-unit-bz4x-untuk-ktt-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke