Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Vespa Lebih Ramai Saat Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia pandemi Covid-19 berlangsung sejak 2020. Pandemi berdampak pada banyak segmentasi mulai dari cara berperilaku hingga urusan dapur masyarakat.

Tak sedikit usaha yang terdampak karena Covid-19, salah satunya ialah penjualan sepeda motor baru yang terjun bebas pada 2020 tapi rupanya ada juga yang justru menikmati pundi saat pandemi.

Dennil Sagita, pemilik Scooter VIP bengkel spesialis Vespa modern justru mengatakan bisnisnya sangat berkembang saat pandemi, karena justru saatnya "orang kaya" buang duit untuk hobi.

"Kita tahu Vespa itu segmented dan hobi dan tidak semua suka sama Vespa karena mahal. Sebab kalau dengan kubikasi segini bisa dapat motor lebih besar, jadi bisa dibilang menengah ke atas," kata Dennil yang ditemui di Bekasi, belum lama ini.

"Pelaku bisnis hobi lainnya juga merasakan yang sama di masa pandemi lebih baik dibanding sekarang. Sebab orang yang banyak duit itu di rumah saja. Mereka cuma bisa menghabiskan waktu di rumah," kata dia.

"Orang kemudian mencari jalan keluar, orang yang suka otomotif jadi ada yang mekanik otodiak, atau terus belanja buat hobi, jadi konsumtif, mungkin itu cara orang kaya cara menghabiskan duit," kata dia.

Dennil yang juga sole distributor merek komponen aftermarket asal Italia, Malossi dan Polini itu mengatakan, secara merata penjualan motor turun saat pandemi tapi komponen aftermarjet buat modifikasi justru meningkat.

"Saya ambil kesimpulan pada saat seperti kemarin di segmen orang yang financial background-nya bagus buang duit jadi belanja, yang hobi oprek motor jadi ke sana, bahkan yang tidak olahraga jadi beli sepeda, ikan dan lain-lain," kata dia.

"Tapi kini setelah semua juga sudah vaksin, orang mulai sibuk lagi, hobinya dikesampingkan lagi. Jadi segmen hobi berbeda seperti teman-teman di EO yang parah, tapi di sudut lani ada juga yang menikmati yaitu segmen hobi," kata dia.

Perkataan Dennil diklaim bukan isapan jempol. Saat pandemi, bengkel yang bermarkas di Bekasi, Jawa Barat itu sering dipercaya buat modifikasi Vespa para pesohor di Tanah Air.

Beberapa Vespa yang dikerjakan oleh Scooter VIP ialah Vespa milik Andre Taulany, Gading Marten, kemudian selebram Awkarin dan Atta Halilintar yang semuanya menghabiskan dana puluhan juta rupiah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/14/142100915/modifikasi-vespa-lebih-ramai-saat-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke