Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sedan Listrik Toyota bZ3 Segera Meluncur di China

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan dunia otomotif terus mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini ditandai dengan kemunculan kendaraan-kendaraan dengan berbagai fitur canggih dan peralihan mobil bertenaga bahan bakar minyak (konvensional) menjadi tenaga listrik.

Tak heran jika kini beberapa produsen roda empat kini tengah berlomba-lomba untuk menghadirkan produk yang ramah lingkungan.

Salah satunya adalah Toyota yang dikabarkan sudah mendaftarkan produk mobil listrik sedan mereka di China dengan nama bZ3.

Dikutip dari Car News China, Senin (29/8/2022), mobil listrik ini merupakan kolaborasi Toyota Motor Corporation di China dengan First Automobile Works (FAW). Rencananya mobil ini bakal diluncurkan di pasar China pada akhir kuartal 4 2022.

Mobil sedan berteknologi listrik ini menggunakan emblem Toyota dan membawa desain ala Toyota bZ series.

Jika melihat eksteriornya, bagian depan bZ3 ini memiliki tampilan yang mirip dengan bZ4X yang sebelumnya sudah lebih dulu diperkenalkan di Indonesia. Hal ini terlihat dari desain bentuk lampu utama lengkap dengan DRL-nya.

Sementara pada bagian buritan, lampu belakang LED yang melintang di bagian belakang juga  persis menyerupai tampilan bZ4x.

Menariknya, Toyota bekerja sama dengan BYD perihal motor listrik yang digunakan. BYD sendiri sudah digunakan di Indonesia sebagai armada E-Bluebird sejak beberapa tahun lalu.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai spek motor listriknya. Namun, kabarnya Toyota bZ3 bakal menggunakan baterai LFP dari BYD dan dibekali dengan dua pilihan motor listrik, yang mampu menghasilkan tenaga 183 Tk pada model terendah, dan 244 Tk pada varian tertingginya.

Kedua motor listrik tersebut diklaim memiliki kecepatan maksimum hingga 160 km per jam (kpj) dengan tenaga motor listrik berpenggerak roda belakang (RWD).

Adapun perbedaan pada dua tipe bZ3 juga terlihat dari sisi eksteriornya, terutama pada bagian roda. Untuk varian dengan tenaga yang lebih tinggi menggunakan ban dan pelek berdiameter 18 inci, sementara pada tipe bawahnya memakai ukuran pelek yang lebih kecil yakni 16 inci.

Toyota bZ3 rencananya akan debut di Guangzhou Auto Show pada November mendatang, dan akan diluncurkan di pasar China usai pameran otomotif itu berakhir.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/30/080200715/sedan-listrik-toyota-bz3-segera-meluncur-di-china-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke