Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jajal Mitsubishi New Xpander Cross, Apa Saja yang Berbeda?

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi baru saja meluncurkan New Xpander Cross di GIIAS 2022. Redaksi Kompas.com mencari kesempatan untuk mencobanya di area test drive GIIAS 2022 yang terletak di belakang hall 3a ICE BSD.

Perlu diketahui, Xpander Cross punya banyak ubahan, misalnya untuk eksterior semua bagiannya baru.

Begitu juga pada kabin, sisi pengemudi dimanjakan dengan hadirnya setir model baru dan instrument cluster full digital.

Kalau diperhatikan, setir serta instrument cluster rasanya mirip dengan yang ada di Pajero Sport. Ukuran setirnya pun sedikit lebih besar, jadi lebih terasa mantap saat digenggam.

Ketika mulai mengemudi, setir yang lebih besar membuat mobil lebih gampang belok. Apalagi desain setir yang empat palang ini memberikan kesan premium jika dibandingkan dengan Xpander biasa.

Selain itu, untuk instrument cluster yang full digital juga memberi informasi yang detail. Kalau diperhatikan, grafis yang ditampilkan dari layar tersebut juga sudah jernih, jadi nyaman di mata.

Lalu, kalau bosan, seperti yang ada di Pajero Sport, tersedia tiga tema instrument cluster. Pertama ada takometer yang besar dengan speedometer digital, lalu speedometer analog, dan terakhir bentuknya seperti kenop yang berputar.

Soal rasa mengemudi, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Xpander Cross sebelumnya. Mesin tetap sama, yakni 1.500 cc, punya tenaga 104 TK dan torsi 141 Nm yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi CVT.

Tapi sekarang, New Xpander Cross dibekali dengan Active Yaw Control (AYC) yang mengendalikan distribusi torsi ke salah satu roda. Fitur ini diklaim bisa mempertahankan handling yang baik di kondisi jalan yang licin.

Secara sederhana, AYC mengalirkan torsi lebih besar ke salah satu roda saat manuver ke kiri atau kanan. Jadi, torsi disalurkan ke roda yang berada di sisi luar sehingga membantu manuver lebih gesit dan lincah.

Sayangnya, pada area tes drive GIIAS kurang luas untuk bisa merasakan fitur AYC bekerja. Jadi soal manuver, masih belum terasa signifikan perubahannya berkat fitur AYC.

Kemudian soal suspensi, Xpander Cross terbaru memakai ukuran yang lebih besar. Efeknya, peredaman saat melewati polisi tidur buatan di arena tes sangat baik.

Xpander Cross terbaru dijual dengan harga Rp 309.950.000 untuk transmisi manual. Sedangkan New Xpander Cross Premium Package CVT dipasarkan dengan harga Rp 335.750.000.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/18/144100615/jajal-mitsubishi-new-xpander-cross-apa-saja-yang-berbeda-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke