Salin Artikel

Jangan Main Hakim Sendiri Saat Lihat Kecelakaan, Ada Pidana Hukumnya

Diketahui seorang sopir dan penumpang mobil pikap dihakimi setelah kecelakaan terjadi, di mana seorang pengendara sepeda motor menabrak kendaraan pikap yang sedang parkir, akibat sedang memakai HP.

Sejumlah warga kemudian mengeroyok mobil pikap, seorang di antaranya bahkan merusak kaca depan mobil pikap tersebut dengan menggunakan batu.

"Rencananya sopir dan penumpang pick up akan melaporkan aksi main hakim sendiri ke polisi," ucap Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Dian Pornomo seperti dikutip NTMC Polri, Kamis (14/7/2022).

Mengingat maraknya kebiasaan main hakim sendiri, pemerhati masalah transportasi dan hukum Budiyanto menjelaskan bahwa tidak seharusnya warga emosi sampai main hakim sendiri, bahkan hingga merusak kendaraan.

"Tiap warga negara wajib menjunjung tinggi hukum dan tidak boleh main hakim sendiri. Misalnya, dengan cara merusak kendaraan atau melukai pengemudi kendaraan tersebut," ucap Budiyanto.

Perlu diingat, seseorang baru akan dinyatakan bersalah setelah mendapat putusan dari pengadilan. Setiap warga negara memiliki kedudukan hukum yang sama, dan wajib mendukung asas praduga tak bersalah.

"Intinya kita negara hukum. Perbuatan main hakim sendiri dengan cara merusak barang atau kendaraan, penganiayaan dan pengeroyokan merupakan perbuatan tidak pidana dan tidak boleh terjadi karena dapat berkonsukensi kepada permasalahan hukum atau tindak pidana baru," ucap dia.

Pelaku main hakim sendiri yang melanggar pasal tersebut mendapatkan ancaman hukum sebagai berikut:

1. Melakukan tindak kekerasan, diancam hukuman lima tahun enam bulan penjara.

2. Tindakan kekerasan menyebabkan korban luka-luka, ancaman hukumannya tujuh tahun penjara.

3. Mengakibatkan korban luka berat, ancaman hukumannya sembilan tahun penjara.

4. Menganiaya korban hingga tewas, diancam hukuman 12 tahun penjara.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/14/185100915/jangan-main-hakim-sendiri-saat-lihat-kecelakaan-ada-pidana-hukumnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.