Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bertemu Kendaraan Prioritas, Pengemudi Lain Harus Berikan Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara di jalan raya, ada kalanya pengemudi bertemu dengan kendaraan prioritas seperti ambulans.

Bila ambulans berjalan dengan membunyikan sirine dan torator, baiknya pengendara lain bergegas minggir untuk memberikan jalan.

Namun dalam praktiknya, masih banyak kejadian di mana pengguna kendaraan motor justru mementingkan diri sendiri. Contoh seperti sopir ambulans yang cek cok dengan pengemudi mobil karena menghalangi lajunya.

Kejadian ini terekam kamera pengguna jalan dan diunggah kembali oleh akun Instagram @dashcamindonesiai, Sabtu (18/6/2022).

Dalam unggahan tersebut, tertulissuara sirine ambulans yang sudah terdengar dari jauh harusnya membuat pengemudi lain menunggu sebentar untuk memberikan jalan. 

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, pengendara sudah sepantasnya memberikan jalan bagi ambulans yang sedang bertugas.

Kendaraan lain yang berada di sekitarnya juga harus mengurangi kecepatan dan menepi, atau memberi jalan.

"Jadi saat pengemudi mulai mendengar suara sirine, pengemudi harus segera mengetahui asal suara dan mengambil tindakan untuk memberikan jalan bagi ambulans," ucap Marcell.

"Sebenarnya bila tertib, ambulans dapat melintas dengan baik, karena standar lebar jalan kolektor adalah 7 meter," ucap Marcell.

Namun perlu diingat, sopir ambulans juga harus tetap memperhatikan keselamatan di jalan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi ambulans harus punya keahlian atau teknik khusus dalam berkendara.

Saat melintas di jalan yang sepi, sirine ambulans harus aktif sehingga bisa memberikan sinyal kepada pengguna jalan lain yang akan melintas.

"Kemudian, saat di persimpangan tetap harus hati-hati dan mengurangi kecepatan (apalagi di persimpangan yang tidak berambu atau pas giliran mendapat lampu merah). Karena ada kemungkinan pengemudi yang lain tidak lihat atau tidak mendengar," ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/18/143100415/bertemu-kendaraan-prioritas-pengemudi-lain-harus-berikan-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke