Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Nyata Truk Oleng, Senggol Pengendara Motor hingga Terjatuh

Padahal, aksi oleng ini sangatlah berbahaya, bisa mencelakakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck. Dalam tayangan tersebut, terlihat truk yang kelebihan muatan hendak bergerak zig-zag. Di saat yang bersamaan ada pengendara motor yang berboncengan melaju di lajur kanan.

Akibatnya, sepeda motor menjadi korban dari aksi truk oleng tersebut hingga terjatuh dan terperosok ke sawah.

Menanggapi hal ini, Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, aksi oleng yang dilakukan pengemudi bus dan truk tersebut sangat tidak perlu dilakukan dan membahayakan orang lain.

“Mereka mengambil risiko yang tidak perlu dan bisa menyebabkan bahaya bagi dirinya dan orang lain. Bahayanya jelas bisa terbalik kendaraannya,” ucap Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

“Kendaraan besar memiliki center of gravity yang tinggi, sehingga lebih mudah terbalik,” kata dia.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menambahkan, hal tersebut merupakan kelakuan bodoh yang dipertontonkan dan dibanggakan.

“Dia tidak hanya mempermalukan diri sendiri. Tapi dengan adanya video viral ini, kita belajar untuk tidak berbuat hal yang sama bodohnya,” kata Sony.

Menurut Sony, sebagai pengemudi seharusnya bisa bertanggung jawab terhadap keselamatan diri, orang lain, lingkungan, barang bawaan, dan kendaraan. Tetapi, yang ada di video tersebut justru sudah melanggar hukum karena membiarkan tindakan bahaya.

“Ketika truk dibuat oleng, risiko selipnya tinggi saat bertemu jalan yang berpasir, oli, maupun air. Jangan merasa paling hebat dengan melakukan aksi yang berbahaya di tempat umum yang bisa mencederai orang lain.” ucapnya.

Kemudian, bagi pengendara atau pengemudi lainnya, jangan dekat-dekat dengan truk yang melakukan aksi oleng seperti ini.

“Karena kalau dia jatuh dan menyenggol mobil kita sekalipun kita tidak salah, maka bisa terseret kasus hukum,” ujar Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/15/183100715/bahaya-nyata-truk-oleng-senggol-pengendara-motor-hingga-terjatuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke