Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat, Anak Kecil Juga Harus Pakai Helm Saat Dibonceng Motor

Sebagai alat transportasi terbesar dan paling ekonomis bagi masyarakat Indonesia, banyak pengguna sepeda motor yang menyepelekan keselamatan berkendara. 

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ini merupakan salah satu dari ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengendara motor berdasarkan aturan standar keselamatan berkendara.

“Kesadaran mengenai keselamatan merupakan hal nomor satu. Untuk itu orang tua harus mengetahui risiko yang mungkin terjadi ketika membonceng anak dengan sepeda motor,” kata Jusri saat dihubungi Kompas.com.

Helm sendiri merupakan syarat mutlak saat berkendara menggunakan motor. Dengan menggunakan helm dapat risiko cedera kepala dapat diminimalisir saat alami kecelakaan.


Bukan hanya orang dewasa, seharusnya anak juga wajib menggunakan helm saat bepergian menggunakan motor. Helm khusus anak atau balita kini juga sudah banyak dipasarkan baik itu secara online atau bisa di beli langsung.

Ada beragam harga yang ditawarkan sehingga mudah didapatkan dan tidak menjadi alasan untuk tidak memakaikan helm pada anak.

“Jika untuk orang dewasa saja helm sangat penting, begitu juga untuk anak balita yang dibonceng. Perlu dipahami, banyak nyawa yang bisa selamat hanya dengan menggunakan helm,” ujar Jusri.

Akan tetapi, sebelum membeli baiknya orang tua wajib memperhatikan apakah helm sudah memenuhi kriteria SNI. Helm yang memiliki kualitas yang baik dipertanggung jawabkan kualitasnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/12/164547715/ingat-anak-kecil-juga-harus-pakai-helm-saat-dibonceng-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke