Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orang yang Tidurnya Ngorok Tidak Disarankan Nyetir Mobil

Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah pengemudi mobil yang memiliki kebiasaan mendengkur atau ngorok saat berkendara.

Jika dilihat dari sisi kesehatan, seseorang yang memiliki kebiasaan mengorok saat tidur akan berbahaya jika menyetir mobil.

Pakar kesehatan tidur Dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan meskipun seseorang memiliki kemampuan menyetir, namun jika saat tidur dia mendengkur maka tidak disarankan mengemudikan mobil terutama saat perjalanan panjang seperti mudik.

“Orang yang tidurnya ngorok tidak disarakan menyetir mobil. Maka dari itu akan berbahaya jika menyetir untuk perjalanan jauh. Ini ada kaitannya dengan gejala sleep apnea,” ujar Andreas pada Kompas.com belum lama ini.

Andreas menjelaskan jika sleep apnea akan menyebabkan hyper insomnia yaitu rasa kantuk berlebihan. Gejala inilah yang menjadi alasan orang yang tidur mengorok tidak disarankan menyetir apalagi jarak jauh.

Sleep apnea sendiri merupakan gangguan tidur yang disebabkan karena pernapasan seseorang terganggu. Saat sistem pernapasan terganggu, timbul periode henti napas secara berulang pada saat tidur.

Otak dan bagian tubuh lain tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup pada seseorang yang alami sleep apnea sehingga mendengkur.

Kendati telah tidur cukup atau lebih, seseorang yang idap sleep apnea akan selalu merasa mengantuk.

Maka dari itu akan berbahaya jika saat menyetir tiba-tiba diserang rasa kantuk. Agar tidak terjadi hal yang membahayakan, jangan menyetir mobil jika punya kebiasaan saat tidur.

“Nah pengendara yang mendengkur itu resiko kecelakaannya 15 kali lipat lebih parah,” kata Andreas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/08/152100315/orang-yang-tidurnya-ngorok-tidak-disarankan-nyetir-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke