Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Menjelaskan Skema Pengawalan Arus Mudik Lebaran 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat mulai melaksanakan mudik Lebaran 2022. Sebagian besar pemudik menggunakan mobil pribadi dan mengarah ke daerah Jawa dengan melewati jalan tol.

Direktur Penegakan Hukum Korps lalu lintas (Dirgakum Korlantas) Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, terkait Operasi Ketupat 2022 pihaknya siap mengawal mudik di era new normal. Aan juga menjelaskan skema kebijakan yang diambil dalam melancarkan acara tahunan ini.

Aan meminta seluruh anggota Polri dan jajarannya agar mempersiapkan pengamanan sesuai dengan tugasnya masing-masing mulai persiapan dari masyarakat yang akan mudik hingga penyiapan informasi.

“Pada pelaksanaan mudik akan kita terapkan mulai dari skema contra flow kebijakan one way dan ganjil-genap bersamaan,” ucap Aan, dikutip dari NTMC Polri, Rabu (20/4/2022).

Aan melanjutkan, sejumlah strategi tersebut dilakukan demi kelancaran arus mudik Lebaran pada tahun ini.

“Kami mengambil langkah intervensi, maka dibutuhkan manajemen kapasitas jalan yaitu paling sederhana kita akan menambah satu lajur di contra flow, jika masih kurang kita akan one way dari Jakarta menuju arah timur (Jawa Tengah),” kata dia.

Aan menambahkan, penerapan one way atau satu arah akan diberlakukan jika penerapan contra flow tak berjalan efektif. Selain one way, ganjil genap juga akan diberlakukan demi kelancaran masyarakat selama mudik.

“Pada pelaksanaan mudik akan kita terapkan kebijakan one way dan gage secara bersamaan,” kata dia.

Adapun untuk kebijakan one way akan diberlakukan mulai Kamis (28/4/2022), atau di hari terakhir masyarakat masuk kerja. Sebab, pemerintah telah menetapkan 29 April cuti Lebaran.

Penerapan one way akan diberlakukan selama 3 hari yaitu mulai 28 sampai 30 April.

Untuk itu Aan mengimbau masyarakat agar melihat lagi plat kendaraan yang digunakan untuk mudik sesuai dengan tanggal yang berlaku.

“Dari jumlah kendaraan yang diprediksi yang akan mudik sekitar 85 juta pemudik dan 47 persen akan menggunakan transportasi darat yang didominasi roda empat, dua dan bus. One way akan kita terapkan dan kita lengkapi dengan ganjil genap,” katanya.

Menurutnya, hal ini harus diinformasikan kepada masyarakat supaya bisa menyiapkan diri sebelum berangkat, terkait kendaraan yang akan digunakan berplat nomor apa dan kapan bisa digunakan.

Aan mengatakan, nantinya akan ada petugas yang memandu di lapangan. Para petugas tersebut bakal mengarahkan masyarakat masuk ke gate tol di wilayah masing-masing.

“Kami juga meminta masyarakat agar menyimak jadwal one way. Nanti pun akan ada petugas di lapangan yang memandu,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/21/070200315/polisi-menjelaskan-skema-pengawalan-arus-mudik-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke