Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Viral, Video Toyota Innova Diesel Minum Pertamax, Apa Dampaknya? | Kia Akhirnya Luncurkan Carens Terbaru, Berapa Harganya?

JAKARTA, KOMPAS.com —Tayangan yang memperlihatkan seorang pria sedang mengisi bahan bakar di salah satu SPBU viral di media sosial. Salah satu akun Instagram yang mengunggah peristiwa itu adalah @romansasopirtruck.

Video tersebut ramai diperbincangkan lantaran sang pemilik kendaraan diduga melakukan kesalahan dalam mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Dalam rekaman itu, terlihat jelas bahwa mobil yang digunakannya merupakan Toyota Innova 2.4 V. Emblem pada mobil itu menunjukan bahwa mobil tersebut merupakan varian diesel.

Selain itu, PT Kreta Indo Artha atau APM KIA di Indonesia akhirnya meluncurkan mobil yang belakangan ini sudah ramai di media sosial. Tampil tanpa balutan kamuflase, Kia Indonesia mulai mengenalkan KIA Carens pada ajang Jakarta Auto Week (JAW) 2022.

Ario Soerjo, Marketing Development Division Head KIA Indonesia, mengatakan, saat ini Carens baru sampai tahap pengenalan. Mengenai harga jualnya, bakal diumumkan pada acara selanjutnya.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, MInggu (13/3/2022):

1. Viral, Video Toyota Innova Diesel Minum Pertamax, Apa Dampaknya?

Namun, pria yang mengenakan peci putih itu malah mengisi bahan bakar jenis bensin (Pertamax). Kesalahan ini tentunya akan memberikan dampak yang cukup fatal pada komponen mesin.

Bahkan hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada beberapa komponen vital, seperti fuel injection pump atau pompa injeksi bahan bakar dan juga nozzle.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, mesin diesel tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin, maka tidak boleh salah sampai menggunakan bahan bakar

2. Kia Akhirnya Luncurkan Carens Terbaru, Berapa Harganya?

"Saat ini sudah bisa inden di JAW. Harga memang belum dirilis, nanti ada waktunya," ujar Ario, kepada Kompas.com (13/3/2022).

Meskipun belum mau mengungkap perihal harga jualnya, diperkirakan Carens terbaru bakal diposisikan di atas MPV di kelas 1.500 cc yang sudah beredar di Indonesia.

"Yang jelas dengan tipe mesin yang kita keluarkan dan kelengkapan sesuai press release, kita tidak main di MPV bensin 1.500 cc," ucap Ario.


3. Spesifikasi Kia Carens Terbaru, Lebih Besar dari All New Avanza

KIA Carens yang meluncur di Indonesia akan dihadirkan dengan dua pilihan mesin, yaitu Smarstream 1.4 T–GDI berbahan bakar bensin, serta 1.5 CRDi VGT berbahan bakar diesel.

Mesin Smartstream menghadirkan mesin 1.400 cc dengan imbuhan turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga 140 PS atau setara 138 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 242 Nm mulai 1.500 rpm hingga 3.200 rpm.

Mesin ini dipasangkan dengan transmisi DCT dengan 7 percepatan yang mendistribusikan daya ke roda depan.

4. Harga Suzuki Jimny Tembus Rp 500 Juta Lebih, Unit Ready

Pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW) memasuki hari kedua, Minggu ( 13/3/2021).

Acara yang digelar di JCC Senayan, Jakarta selatan ini memajang deretan merek otomotif berlangsung pada 12-20 Maret 2022.

Salah satu merek yang memamerkan kendaraan roda empatnya adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Pabrikan otomotif asal Jepang ini turut memajang SUV legendarisnya yaitu Suzuki Jimny.

5. Honda Pamer 16 Mobil di JAW 2022, Cicilan Mulai Rp 2 Juta

PT Honda Prospect Motor (HPM) turut meramaikan ajang Jakarta Auto Week (JAW) yang digelar pada 12 sampai 20 Maret 2022.

Mengusung tema “3njoy Honda”, HPM membawa jajaran produknya di Hall B3, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

“Kami percaya bahwa ajang ini akan membawa dampak yang positif untuk pasar otomotif nasional, terutama di semester pertama tahun ini,” Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Sabtu (12/3/2022).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/14/060200915/-populer-otomotif-viral-video-toyota-innova-diesel-minum-pertamax-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke