Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Oli Mobil Dipakai untuk Sepeda Motor?

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas atau oli untuk mobil dan sepeda motor dibedakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan mesin. Meski begitu, masih ada pengguna kendaraan yang menggunakan oli mobil sebagai alternatif atau pengganti oli motor.

Jika oli yang digunakan tidak disesuaikan dengan fungsi mesin, maka mesin motor akan cepat rusak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan oli mobil untuk sepeda motor.

"Ketentuannya, harus memastikan sesuai dengan JASO-nya," kata Ribut pada Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Japanese Automotive Standard Organization (JASO) merupakan lembaga Jepang yang mengecek standar kualitas oli. Kode JASO ini menandakan bahwa oli tersebut cocok digunakan untuk motor.

Ribut melanjutkan, harus dipastikan juga oli harus sesuai kode JASO-nya, yaitu MB (mesin matik) atau MA (mesin manual).

Pelumas dengan kode JASO MB biasanya digunakan untuk sepeda motor yang koplingnya tidak terendam oli, seperti skutik. Sedangkan JASO MA digunakan untuk motor dengan konstruksi rumah kopling terendam oli.

Selain itu, pengguna motor juga perlu memastikan, apakah kekentalan oli sudah cocok dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin motor.

"Alangkah baiknya penggantian oli sesuai dengan spesifikasinya, contoh motor matik menggunakan pelumas dengan SAE 10W 30 JASO MB, dan untuk motor manual dan sport menggunakan pelumas dengan SAE 10W 30 JASO MA," jelas Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Oli yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin motor dapat membuat performa mesin menurun. Hal ini disebabkan oleh tidak optimalnya kinerja mesin, yang kemudian berdampak pada penggunaan bahan bakar yang semakin boros.

Contohnya, oli JASO MB memiliki daya gesek yang lebih rendah dibandingkan oli JASO MA. Jika oli JASO MB digunakan pada motor dengan kopling basah yang membutuhkan oli dengan daya gesek lebih tinggi, kopling akan mudah selip saat dikendarai.

Kemudian, oli juga tidak melumasi mesin secara optimal. Ini dapat merusak komponen mesin, karena gesekan antar komponen tidak diredakan oleh oli. Karena kerja mesin menjadi lebih keras, mesin akan cenderung cepat panas atau overheat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/27/164100115/bolehkah-oli-mobil-dipakai-untuk-sepeda-motor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke