Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Toyota Belum Menjual Fortuner Legender di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - New Toyota Fortuner dan All New Land Cruiser resmi mengaspal di Indonesia, pada Kamis (13/1/2022).

Komponen baru yang terpasang pada Fortuner terbaru ini adalah mesinnya yang kini menggunakan 1GD dengan kapasitas 2.800 cc. Mesin baru tersebut menghasilkan tenaga jauh lebih besar dibanding yang sebelumnya (2GD-FTV).

Mesin terbaru ini disematkan pada model Fortuner VRZ 4x2, VRZ GR Sport 4x2, dan VRZ GR Sport 4x4. Toyota juga masih menyediakan varian mesin 2GD untuk Fortuner tipe G.

Sebelumnya sempat beredar rumor bahwa Toyota akan membawa desain Legender ke Indonesia. Namun, faktanya Toyota masih menggunakan desain GR Sport seperti yang sudah meluncur pada Agustus 2021 lalu, hanya saja kini menggunakan varian mesin 2GD.

Lantas mengapa Toyota masih enggan membawa desain Legender ke Indonesia?

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, pada dasarnya setiap negara memiliki strategi penjualannya masing-masing.

Khusus untuk konsumen di Indonesia, menurut Anton, pihaknya lebih berfokus dengan varian GR Sport karena kebutuhan pasar Indonesia lebih mengacu kepada power atau mesin yang lebih bertenaga.

“Memang preference-nya berbeda, kalau di Thailand itu ada varian Legender karena kebutuhan pasarnya seperti itu. Tetapi kalau di Indonesia kebanyakan mereka lebih memprioritaskan mesin yang lebih bertenaga,” ucap Anton kepada Kompas.com di Edutown BSD, Kamis (13/1/2022).

Meski begitu, Anton mengatakan tetap melakukan studi untuk terus melakukan pembaharuan baik dari segi interior, eksterior maupun fitur.

“Kita akan terus minta masukan konsumen dan melakukan pengembangan baik dari sisi interior, eksterior maupun fitur,” kata dia.

Bicara soal harga, New Fortuner 1GD, dibanderol Rp 580,9 juta (VRZ 4x2), Rp 597,9 juta (VRZ GR Sport 4x2) dan Rp 684,5 juta (VRZ GR Sport 4x4).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/13/165338015/alasan-toyota-belum-menjual-fortuner-legender-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke