Salin Artikel

Penasaran, Calon Konsumen Langsung Test Drive Avanza dan Veloz Terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Toyota Avanza dan Veloz terbaru di lantai pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 berhasil menyita perhatian pengunjung.

Pada hari kedua pameran, Jumat (12/11/2021) terlihat antrean mengular di pintu masuk booth Toyota. Hampir setengahnya, datang secara langsung untuk melihat kedua produk tersebut.

Bagaimana tidak, dengan kenaikan harga yang tidak begitu tinggi, mobil keluarga terlaris di Indonesia itu mendapat banyak perubahan baik pada bagian eksterior, interior, mesin, hingga fiturnya.

Hal ini diakui salah satu pengunjung asal Depok, Arman saat berbincang bersama Kompas.com. Menurutnya, Toyota Indonesia berhasil melakukan terobosan untuk Avanza dan Veloz.

"Berubah banyak, apalagi pada model Veloz. Benar-benar meninggalkan kesan mobil keluarga murah seperti generasi sebelumnya. Saya suka di eksterior dan interiornya, sedikit lebih luas serta modern," katanya.

Pernyataan serupa juga datang dari pengguna setia Avanza, Rudi dalam kesempatan sama. Tapi ia tidak menampik bahwa model Avanza terbaru masih lekat dengan kesan kaleng.

Sebab, bahan konstruksi yang diberikan tetap ringan dan minim dengan sentuhan halus.

"Yah, masih terasa Avanza-nya ini. Tapi untuk Veloz patut diakui perlahan-lahan mulai keluar dari kesan murah. Apalagi kaki-kaki mobil jadi lebih kekar (pelek 17 inci), saya rasa tidak limbung lagi," ujar dia.

"Menurut saya, masalah utama Avanza dan Veloz itu adalah limbung walau dipacu pada kecepatan 100 kpj. Mungkin karena strukturnya ringan atau di bagian kaki-kaki begitu kecil, tapi sepertinya sudah tidak begitu lagi," lanjut Rudi.

Mereka pun mengakui tidak sabar untuk melakukan pengetesan langsung Avanza dan Veloz baru ini. Apalagi pada varian tertinggi, sudah disemat beragam fitur canggih yakni Toyota Safety Sense (TSS).

"Kita lihat saja nanti saat test drive, itu baru kelihatan khususnya menyoal gejala limbung dan fitur TSS plus kamera 360-nya. Kalau dari eksterior dan interior, bagus-bagus saja," kata Rudi.

Menyoal harga, Arman merasa tidak menjadi persoalan karena tetap ada di jangkauannya. Tapi bila terjadi kenaikkan tinggi setelah habis masa berlaku insentif PPnBM 100 persen tahun depan, tentu berbeda cerita.

Begitu pula dengan Rudi ketika dimintai tanggapan soal serupa. Menurut dia, bila harga menyentuh Rp 300 juta maka akan sulit laris.

"Lebih baik pilih Kijang Innova sekalian saja, harganya tidak jauh. Atau bisa jadi bergeser ke Xpander yang secara konstruksi lebih kokoh dan futuristik," ucapnya.

Berikut daftar harga All New Avanza:

1.3 E M/T Rp 206.200.000
1.5 G M/T Rp 228.500.000
1.5 G CTV Rp 241.400.000
1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000

Harga All New Veloz:

MT Rp 251.200.000
Q CVT Rp 272.100.000
Q CVT TSS Rp 291.500.000

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/12/201100415/penasaran-calon-konsumen-langsung-test-drive-avanza-dan-veloz-terbaru

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.