Salin Artikel

Adu Fitur Kia Sonet dan MG ZS Facelift, Mana yang Lebih Canggih?

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini semakin ketat. Bahkan beberapa pabrikan sengaja memberi harga yang cukup murah agar bisa terjangkau oleh konsumen di segmen menengah.

Dua di antara SUV kompak murah yang layak untuk dipertimbangkan konsumen adalah Kia Sonet dan MG ZS facelift.

Keduanya sama-sama menawarkan desain SUV yang tangguh dengan berbagai keunggulan masing-masing. Mulai dari eksterior, interior, perfoma mesin, hingga fitur-fitur unggulan.

Jika sebelumnya tim redaksi sudah membahas tentang perbandingan eksterior, interior dan perfoma.

Kini saatnya membahas fitur-fitur unggulan yang dimiliki kedua SUV kompak. Kira-kira mana yang lebih canggih?

Kia Sonet hadir datang dengan head unit 8 inci yang terintegrasi dengan Apple Carplay serta Android Auto.

Perangkat tersebut didukung dengan audio keluaran Bose yang membuat suara di dalam kabin tak perlu dipertanyakan, apalagi ditemani dengan LED Sound Mood Light.

Kia Sonet juga sudah menyematkan fitur smart key with remote starter. Pengendara bisa mengaktifankan mesin mobil dari luar tanpa perlu masuk dan menekan tombol start/stop di dalam kabin.

Sementara, untuk fitur keselamatan, SUV asal Korea Selatan ini cukup dibekali dengan fitur yang mempuni, seperti hadirnya 6 buah airbag, vehicle stability management (VSM), dan brake assist system (BAS).

Fitur seperti ABS, hil-start assist control, electronic stability control (ESC), serta parkir distance warning (PDW) juga sudah tersemat.

Adapun MG ZS Facelift Sementara untuk pesaingnya MG ZS, dibekali head unit berukuran lebih besar dari Kia Sonet, yakni 10.1 inci yang memiliki kemampuan screen mirroring smartphone untuk memberikan hiburan dan mengakomodir pengendara.

Pengemudi MG ZS Facelift juga sudah bisa memanfaatkan 360° omni directional camera yang otomatis aktif saat hendak berbelok atau pun mundur, yang sudah terhubung dengan sistem sensor dan kamera yang tertanam pada sisi eksterior.

Tidak hanya itu, pada layar head unit tersebut pengemudi bisa mngecek secara virtual kondisi mobil, seperti tekenan udara (TPMS), bahan bakar, kecepatan laju mobil, dan ringkatan penggunaan mobil.

Soal fitur keamanan, MG ZS Facelift sudah dibekali 6 airbag yang tertanam untu pengemudi an penumpang, ditambah dengan sistem otomatis yang akan membuka kunci saat mobil mengalami benturan hebat.

Fitur keselamatan lain sepetri Anti-lock braking system (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronci Brake Assist (EBA), Electronic Parking Brake (EPB), Stability Control System (SCS), Curve Brake Control (CBC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Tire Pressure Monitor System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), Follow Me Home Light, ISOFIX.

Kesimpulan

Kedua mobil ini sama-sama memiliki keunggulan fitur masing-masing, Kia Sonet unggul dengan audio keluaran Bose yang membuat suara di dalam kabin tak perlu dipertanyakan lagi, sementara MG ZS unggul dengan kamera 360 yang memudahkan pengemudi untuk melihat sekitar saat berkendara dan untuk parkir.

Jadi, konsumen tinggal memilih mana yang lebih sesuai dengan kebutuhannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/14/184100115/adu-fitur-kia-sonet-dan-mg-zs-facelift-mana-yang-lebih-canggih-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.