Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terminal Tipe A Akan Diubah Jadi Lebih Mewah dan Lengkap

JAKARTA, KOMPAS.com – Di Indonesia, terminal terbagi dalam tiga tipe. Mulai dari Tipe A, Tipe B, dan Tipe C. Rencananya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengubah Terminal Tipe A menjadi lebih mewah.

Seperti diketahui, Terminal Tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), angkutan lintas batas antar negara, dan angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), serta tak ketinggalan angkutan kota hingga angkutan pedesaan.

Dalam rangka mempercantik tampilan Terminal Tipe, sebagai langkah awal Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat berencana mengubah skema pengelolaan Terminal Tipe A menjadi mix use.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, mengatakan, terminal nantinya tidak hanya menjadi tempat naik atau turun penumpang, tapi akan digunakan untuk berbagai aktivitas.

"Sebetulnya yang sedang kita lakukan adalah mengubah konsep skema terminal yang ada sekarang ini,” ujar Budi, dalam webinar yang disiarkan Youtube Kementerian Perhubungan (4/10/2021).

“Kalau sebelumnya terminal hanya tempat pemberangkatan dan menurunkan penumpang, nanti skemanya akan kita ubah dengan mix use," kata dia.

Menurut Budi, skema mix use ini merupakan penggunaan sebuah bangunan, satu kompleks bangunan, atau lingkungan untuk lebih dari satu kegunaan.

Rencananya Terminal Tipe A bakal mencakup kantor, tempat tinggal, hotel, pusat perbelanjaan, dan lainnya yang saling berdekatan atau bahkan di gedung yang sama dengan terminal tersebut.

Terminal bisa menambahkan fasilitas living seperti adanya hotel, apartemen dan lainnya. Kemudian lifestyle seperti ballroom, area olahraga, dan tempat nongkrong untuk anak-anak muda.

Selain itu, dengan skema tersebut terminal juga bisa menjadi tempat rekreasi. Di mana bakal dibangun juga pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong. Dengan begitu, terminal-terminal tersebut akan kembali ramai digunakan masyarakat.

"Selanjutnya mix use itu juga untuk work atau kerja. Kita harapkan nanti ada co-working space dan lainnya. Itu skema terbaru," ucap Budi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/05/192100415/terminal-tipe-a-akan-diubah-jadi-lebih-mewah-dan-lengkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke