Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Ini Beberapa Risiko Berkendara pada Malam Hari

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara merupakan aktivitas mengontrol kendaraan dengan konsentrasi penuh secara benar dan penuh tanggung jawab. Berkendara dapat dilakukan baik pada siang ataupun malam hari.

Namun jika dilakukan pada malam hari, ternyata ada beberapa faktor lingkungan berkendara yang berbeda daripada berkendara siang hari. Beberapa faktor tersebut berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Terlebih jika melakukan perjalanan jauh, perlu diketahui kalau mengemudi di malam hari akan lebih berbahaya. Bahkan mengemudi di malam hari bisa meningkatkan risiko terlibat kecelakaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pada saat berkendara di malam hari, faktor pertama yang perlu diperhatikan yakni siklus tubuh manusia yang seharusnya beristirahat di malam hari.

“Ketika dipaksakan untuk mengemudi, ada risiko berat yang harus ditanggung. Misalnya mengantuk, fisik drop, halusinasi dan lain-lain. Hal ini jadi berbahaya ketika melawan kantuk, akhirnya segala cara dilakukan, mulai dari merokok, minum energy drink, dan lainnya,” kata Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kedua, mengemudi pada malam hari memang dirasa tidak melelahkan. Namun, mata akan bekerja lebih berat jika dibandingkan berkendara pada siang hari.

Hal ini dikarenakan pada saat berkendara di malam hari mata akan lebih cepat lelah akibat menghadapi silau sinar lampu kendaraan dari arah yang berlawanan.

“Ketiga, dari sisi keamanan, kalau mobil mengalami masalah di tengah jalan, agak sedikit menakutkan dan merepotkan jika harus meminta pertolongan,” ucap Sony.

Kemudian yang keempat, pada saat berkendara di malam hari, akan ada kemungkinan pengendara lainnya juga mengantuk. Sehingga risiko kecelakaan karena orang lain juga turut meningkat saat mengemudi di malam hari.

“Terakhir, banyak pengemudi yang berpiki kalau menyetir di malam hari akan lebih cepat sampai karena jalanan sepi. Akibatnya, lebih banyak pengguna jalan yang tancap gas saat malam,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/04/111200815/ketahui-ini-beberapa-risiko-berkendara-pada-malam-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke