Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak yang Belum Tahu Alasan Kick Starter Skutik Ada di Sebelah Kiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) memiliki mesin yang berbeda dengan motor sport atau motor bebek. Salah satu perbedaan paling mencolok adalah lokasi kick starter.

Pada beberapa model skutik, masih dibekali dengan kick starter. Lokasinya ditempatkan di sebelah kiri, berbeda dengan motor bebek atau motor sport yang berada di sebelah kanan.

Sebagian orang terkadang merasa sedikit kesulitan jika ingin menyalakan motor menggunakan kick starter. Sebab, motor harus diposisikan tegak dengan standar tengah terlebih dahulu. Selain itu, posisinya yang ada di sebelah kiri juga banyak yang tak terbiasa.

Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Jawa Barat, Asep Suherman, mengatakan, kick starter skutik berada di sebelah kini, karena sistem penerus giginya berbeda dengan mesin bebek atau sport.

"Starter kaki matik di kiri karena sistem penerus giginya berbeda. Sedangkan untuk sistem kerjanya sama saja, yaitu untuk memutarkan poros engkol (crankshaft)," kata Herman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS DAM, mengatakan, kick starter yang berada di kanan karena letak sistem kopling ada di kanan. Jadi, pegangan untuk poros kick starter disimpan di kanan supaya gaya aksial lebih mudah didapat.

"Sedangkan untuk skutik, posisi kopling atau CVT-nya ada di sebelah kiri jadi kickstarter di simpan di kiri supaya lebih mudah," kata Wahyudin.

Namun, dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini banyak juga pabrikan yang sudah meninggalkan penggunaan kick starter pada skutik. Jadi, untuk menghidupkan mesin hanya mengandalkan electric starter.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/29/110200015/banyak-yang-belum-tahu-alasan-kick-starter-skutik-ada-di-sebelah-kiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke